Dark/Light Mode

HUT Ke-71 Korpolairud, Kapolri: Wujudkan Representasi Kehadiran Negara Di Setiap Wilayah

Rabu, 1 Desember 2021 14:22 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Korpolairud Baharkam Polri di Mako Ditpoludara, Pondok Cabe, Banten, Rabu (1/12). (Foto: Divhumas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo saat menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Korpolairud Baharkam Polri di Mako Ditpoludara, Pondok Cabe, Banten, Rabu (1/12). (Foto: Divhumas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta jajaran Korps Kepolisian Air dan Udara (Korpolairud) Baharkam Polri untuk terus menjadi representasi kehadiran negara di setiap wilayah Indonesia.

Pernyataan tersebut disampaikan Sigit saat menghadiri peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Korpolairud Baharkam Polri di Mako Ditpoludara, Pondok Cabe, Banten, Rabu (1/12).

"Harapan kami, jajaran Polairud khususnya, untuk terus bisa mengoptimalkan pelaksanaan tugasnya, guna mewujudkan representasi hadirnya negara, di setiap wilayah yang membutuhkan kehadiran negara dan membutuhkan kehadiran Polri," tutur Sigit.

Baca juga : HUT Ke-64, Pertamina Apresiasi Pelanggan Setia Lewat MyPertamina Fair 2021

Selain itu, dia juga berpesan agar Korpolairud selalu siap menghadapi berbagai macam tantangan tugas, baik di masa kini, maupun masa datang. Di antaranya, mengoptimalkan kegiatan dalam membantu pengendalian dan penanganan pandemi Covid-19.

Korpolairud, kata mantan Kapolda Banten ini menjadi salah satu yang memiliki peran sentral dalam pengendalian Covid-19. Yakni, turut mendorong akselerasi percepatan vaksinasi ke masyarakat yang berada di pulau terluar, maupun yang akses daratnya sulit.

"Mulai dari distribusi vaksin, kemudian akselerasi vaksin pulau terluar di wilayah-wilayah perairan. Di mana masyarakat juga tentunya perlu mendapatkan bantuan vaksinasi termasuk juga distribusi logistik yang terkait," ujar eks Kabareskrim Polri itu.

Baca juga : Ogah Kebobolan Omicron, Australia Ikutan Tutup Akses 9 Negara Afrika

Diingatkan Sigit, percepatan vaksinasi di seluruh wilayah Indonesia, bisa mengantisipasi serta meningkatkan kewaspadaan terhadap varian baru Covid-19, seperti Omicron.

Karena itu, Korpolairud harus terus melakukan akselerasi vaksinasi. Mulai dari menyiapkan gerai-gerai vaksin di wilayah perairan, hingga mendorong logistik distribusi vaksinasi yang dibutuhkan masyarakat, yang memerlukan pengamanan lantaran berada di wilayah terpencil ataupun antar-pulau. Dengan begitu, program pemerintah dalam rangka mewujudkan capaian vaksinasi 70 persen di tahun ini bisa terlaksana.

"Dengan adanya berbagai varian baru termasuk Omicron yang saat ini menjadi kewaspadaan kita. Tentunya rangkaian pengendalian Covid-19 mulai dari bagaimana memperkuat protokol kesehatan 3M, 3T, dan akselerasi vaksinasi betul-betul bisa kita laksanakan," papar Sigit.

Baca juga : BMKG Peringatkan Potensi Hujan Petir Di Tiga Wilayah DKI

Untuk memperkuat dan memaksimal peran Korpolairud, Sigit meresmikan sembilan helikopter baru untuk mengoptimalisasi pelaksanaan tugas korps tersebut.

Dengan adanya sarana dan prasarana penunjang itu, Sigit meminta Korpolairud agar semakin optimal dalam melakukan mobilisasi pemantauan dan pengawasan di beberapa kawasan yang sedang dikembangkan oleh pemerintah. Baik kawasan industri, pariwisata, ataupun kawasan strategis nasional lainnya.

"Karena itu tentunya dengan kehadiran pesawat helikopter yang baru ini, tentunya mobilitas dan sekaligus pengawasan serta pemantauan melalui udara terhadap kawasan tersebut juga akan semakin baik," ucapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.