Dark/Light Mode

Mutasi Virus Lazim, Yang Penting Jaga Kesehatan

Kamis, 2 Desember 2021 08:00 WIB
Ilustrasi mutasi virus corona (Foto: SHUTTERSTOCK/Polina Tomtosova).
Ilustrasi mutasi virus corona (Foto: SHUTTERSTOCK/Polina Tomtosova).

RM.id  Rakyat Merdeka - Varian baru Covid-19 bermunculan karena adanya mutasi. Yakni, upaya virus bertahan hidup dan menyesuaikan diri dengan kondisi inang/jaringan hidup yang dihinggapinya.

Akun @lawancovid19_id mengungkapkan, mutasi virus merupakan sesuatu yang lazim ditemui di masa pandemi. Jika tingkat infeksi semakin tinggi, maka meningkatkan peluang terjadinya lebih banyak mutasi virus.

“Kita bisa mencegah mutasi virus dan munculnya varian baru dengan menghambat persebaran virus penyebab Covid-19. Cara paling ampuh dengan disiplin menerapkan protokol kesehatan (prokes) serta mengikuti program vaksinasi Covid-19,” tutur @lawancovid19_id.

Baca juga : Fokus Lawan MU, Persib Jalani Latihan Pemulihan

Akun @drpriono1 mengatakan, mutasi virus belum tentu berubah menjadi mudah menular, meningkatkan keparahan dan menghindari sistem antibodi. Untuk bisa bertahan hidup atau replikasi, mutasi virus harus melakukan banyak perubahan dan usaha.

“Bisa saja mutasi bikin virus jadi lebih loyo. Makanya, tuntaskan vaksinasi,” katanya.

Akun @AdamPrabata menjelaskan, mutasi virus memiliki banyak potensi. Antara lain, menurunkan kemampuan antibodi penetralisir virus, meningkatkan kemampuan virus masuk ke sel dan meningkatkan kemampuan menghindar dari imunitas alami.

Baca juga : Ada Varian Baru, Inggris Stop Penerbangan Dari Afrika Selatan

Meski muncul varian baru, lanjut @zeniuseducation, untuk mencegah dan mengurangi penularan, caranya tetap sama. Yaitu, dengan vaksinasi dan menerapkan prokes. “So, pastikan tetap jaga kesehatanmu ya,” tuturnya.

Akun @mamaciaaa mengatakan, mutasi virus tidak perlu ditakuti berlebihan lagi. Dalam menyikapi Omicron yang muncul di penghujung tahun ini, pemerintah melakukan pembatasan kembali.

“Tetap waspada, dan segera vaksin bagi yang belum vaksin. Stay healthy and happy. Masker jangan lupa,” dia mengingatkan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.