Dark/Light Mode

Tiba Di Lumajang, Kepala BNPB Pimpin Rapat Koordinasi Penanganan Bencana Semeru

Minggu, 5 Desember 2021 13:24 WIB
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto. (Foto: BNPB)
Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto. (Foto: BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto tiba di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur, pukul 12.00 WIB, setelah menempuh 3 jam perjalanan darat dari Surabaya, Minggu (5/12). 

Setibanya di Kabupaten Lumajang, Suharyanto langsung menggelar rapat koordinasi internal di Kantor Kecamatan Pasiran dengan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta, Bupati Lumajang Thoriqul Haq, dan jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lumajang.

Baca juga : Jokowi Minta Kepala BNPB Pastikan Langkah Tanggap Darurat Pasca Letusan Semeru

Dalam arahannya, Suharyanto meminta seluruh kementerian dan lembaga terkait serta pemerintah daerah untuk secara efektif bahu membahu bersama melakukan penanganan darurat pasca erupsi Gunung Semeru. Khususnya, proses evakuasi korban terdampak dan pemenuhan kebutuhan dasar pengungsi.

Suharyanto menyampaikan, perlu segera dibentuk Posko terpadu tanggap darurat bencana untuk memastikan konsolidasi data dan koordinasi kegiatan pencarian, penyelamatan, evakuasi dan penanganan pengungsi dapat berjalan dengan baik.

Baca juga : Malam Ini, BNPB Turunkan Tim Reaksi Cepat Ke Lokasi Letusan Gunung Semeru

BNPB sendiri akan menurunkan 3 helikopter yang nantinya dapat dimanfaatkan Pemerintah Daerah (Pemda) untuk melakukan penanganan darurat. Sementara untuk alat berat, akan didukung dari Batalyon 527. "Dukungan-dukungan ini agar dimanfaatkan sebaik-sebaiknya untuk kepentingan rakyat," imbau Suharyanto, Minggu (5/12). 

Selain itu, Suharyanto juga meminta pasokan kebutuhan pengungsi untuk dipastikan ketersediannya. "Tolong dipastikan tersedia dan cukup. Apabila kurang, mohon untuk dilaporkan agar kami bisa segera bergerak," tegasnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.