Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Jalin Diplomasi Publik, KBRI Beijing Gelar Pameran Lukisan

Jumat, 19 November 2021 10:24 WIB
Dubes Djauhari Oratmangun (kiri) dan Ibu Sih Elsiwi Oratmangun (kedua kiri) saat pameran tunggal lukisan Along Her Way: Colorful Life on Canvas. (Foto: KBRI Beijing)
Dubes Djauhari Oratmangun (kiri) dan Ibu Sih Elsiwi Oratmangun (kedua kiri) saat pameran tunggal lukisan Along Her Way: Colorful Life on Canvas. (Foto: KBRI Beijing)

RM.id  Rakyat Merdeka - China Tianying (CNTY) dan China Public Diplomacy Network telah menyelenggarakan pameran tunggal lukisan Ibu Sih Elsiwi Oratmangun bertema Along Her Way: Colorful Life on Canvas. Pameran tunggal ini didukung oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Beijing.

Sejumlah Duta Besar dan istri Duta Besar negara-negara ASEAN antara lain Malaysia, Brunei, Singapura, Thailand, Filipina, dan negara lainnya seperti Jepang, Kolombia, UAE, Malta, Azerbaijan, Cabo Verde dan Romania hadir pada hari pertama pembukaan pameran, Selasa (16/11).

Pembukaan pameran ini diramaikan dengan kehadiran Sekjen ASEAN China Center, pelaku usaha Tiongkok, media berita lokal, dan staf KBRI Beijing.

 

Baca juga : Jokowi Geber Infrastruktur

 

Sebanyak 31 lukisan yang menggambarkan khasanah alam Indonesia, Eropa dan Tiongkok ditampilkan di ruang salon kantor CNTY di Beijing, yang berlokasi di LA04-01 Liangmaqiao Diplomatic Residence Compound, No 22 Dongfangdong Road, Chaoyang,Beijing. Pameran tunggal ini akan berlangsung selama kurang lebih satu bulan hingga 22 Desember 2021.

Tanpa mengenyam pendidikan seni secara formal, Ibu Sih Elsiwi Oratmangun yang berasal dari Desa Selomerto - Wonosobo, telah mulai melukis sejak delapan tahun lalu.

Lukisan-lukisan beliau telah banyak dipamerkan dalam ajang pameran lukisan internasional di Jakarta dan Borobudur/Magelang, Yogyakarta, Indonesia dan kota-kota di berbagai negara lainnya seperti Moskow, Budapest, Hanoi, Kuala Lumpur, Dhaka, Kathmandu, Beijing dan Weifang.

Baca juga : Soal Kontroversi PCR, Ini Penjelasan Menko Polhukam

Pameran lukisan tunggal ini merupakan kali ketiga bagi Ibu Sih Elsiwi Oratmangun setelah sebelumnya diadakan di Moskow (April 2014) dan Jakarta (April 2018).

 

 

Pada pembukaan pameran tunggal di Beijing ini, Ibu Sih Elsiwi Oratmangun juga dianugerahi Lifetime Honorary Consultant dari China Public Diplomacy Network dan China-Indonesia Cultural Friendship Award dari CNTY.

Baca juga : Senin Besok, Biden Dan Xi Gelar Pertemuan Virtual

Dalam sambutannya, Dubes Djauhari menyampaikan apreasiasi kepada CNTY dan China Public Diplomacy Network atas dukungannya dalam mempromosikan seni budaya Indonesia di Tiongkok dan people-to-people contact antar kedua negara.

Menurutnya seni dapat menjadi sarana penguatan hubungan people-to-people lintas negara.

"Saya berharap CNTY ke depan dapat terus ikut berkontribusi memajukan hubungan bilateral Indonesia-Tiongkok, tidak hanya dari segi ekonomi, tetapi juga sosial budaya," ujar Dubes Djauhari. [DAY]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.