Dark/Light Mode

Kepercayaan Masyarakat Kepada Polri Naik Jadi 80,2 Persen

Listyo Bawa Angin Segar

Senin, 6 Desember 2021 07:10 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Antara)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Antara)

 Sebelumnya 
Berikut grafik survei kepercayaan masyarakat terhadap Polri dari tahun 2014 hingga 2021 berdasarkan data Indikator Politik Indonesia. Tahun 2014 sebesar 57,5 persen, 2015 sebesar 68,6 persen, 2016 sebesar 73,2 persen, 2017 sebesar 76,5 persen, 2018 sebesar 79,8 persen, 2019 sebesar 80 persen, 2020 sebesar 72% dan di tahun 2021 80,2%.

Anggota Komisi III DPR, I Wayan Sudirta menilai survei tersebut menunjukkan bahwa kepemimpinan Jenderal Sigit membawa angin segar perubahan ke arah yang lebih positif. Ini tidak lepas dari kemampuan Sigit menangkap maksud Presiden Joko Widodo untuk menghadirkan kepolisian yang profesional dan melayani masyarakat. “Dia sudah menangkap maksud baik Presiden dan berusaha keras mewujudkannya,” kata Wayan, kemarin.

Baca juga : Holistic Healing (2)

Wayan memahami semua ini bisa terjadi karena kedekatan yang baik dan sudah terjalin lama antara Kapolri dan Jokowi. Selain itu, Kapolri memang selama ini dikenal memiliki reputasi yang bagus dan ini sudah tergambar ketika Jenderal Sigit menjabat Kapolda Banten. Politisi PDI Perjuangan ini ingat betul, bagaimana kedekatan Sigit dengan para tokoh-tokoh agama dan masyarakat sehingga sukses menjalankan tugasnya.

“Itu yang menjadi modal penting. Seorang yang sukses dari jenjang sebelumnya biasanya tinggal meneruskan. Itu sukses dia jadi Kapolda jadi modal penting menjabat Kapolri,” jelasnya.

Baca juga : Jenderal Listyo Bawa Angin Segar, Kepercayaan Masyarakat Pada Polri Naik Jadi 80,2 Persen

Namun yang tidak kalah pentingnya, lanjut dia, integritas Jenderal Sigit dalam memimpin Polri membuat citra kepolisian naik sampai ke puncak tangga tertinggi dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini. Integritas yang dimiliki Jenderal Sigit ini yang kemudian membuatnya sangat mudah diterima masyarakat.

“Ngomong sama Presiden mudah, ngomong ke masyarakat juga jadi jauh lebih mudah. Itu karena integritas dia membuat semua pihak lebih percaya. Kalau sudah percaya, jalan menjadi lapang. Ibarat berkendara di jalan tol, integriras dan kepercayaan itu jalan tolnya. Sehingga makin cepat sampai ke target atau tujuan,” jelas politisi PDI Perjuangan ini. [KAL]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.