Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Di Tengah Pandemi, Mahasiswa Unpam Ajak Masyarakat Tetap Berkarya

Kamis, 9 Desember 2021 16:51 WIB
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Mahasiswa Unpam di Yayasan Nurul Iman Jafariah di Jl. Menteng Jaya RT 03 RW 10 , Menteng, Jakarta Pusat.
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) Mahasiswa Unpam di Yayasan Nurul Iman Jafariah di Jl. Menteng Jaya RT 03 RW 10 , Menteng, Jakarta Pusat.

RM.id  Rakyat Merdeka - Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Pamulang (UNPAM) menyelenggarakan kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM) di Yayasan Nurul Iman Jafariah di Jl. Menteng Jaya RT 03 RW 10, Menteng, Jakarta Pusat.

Kegiatan tersebut mengusung tema "Meningkatkan Semangat B3 (Berkreasi, Berkarya, dan Belajar) dan Pentingnya Perilaku Hidup Sehat Dimasa pandemi".

"Kegiatan ini dilakukan oleh Mahasiswa/i minimal pada Semester 5 sebagai bentuk untuk mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi," tutur Mahasiswi Unpam Desi Purwaningsih.

Hadir juga mahasiswa/i Unpam Fekih Nurul Yaqin, Isnaeni Rahmayani, Muchayarotul Umi. Kegiatan ini didampingi dosen pembimbing Habibah dan Umi Hj. Naiyah selaku pimpinan yayasan.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk memberikan motivasi dan semangat dengan memperhatikan kesehatan, serta berpartisipasi dalam pembelajaran walaupun dalam keadaan pandemi," kata Fekih Nurul Yaqin.

Baca juga : Dubes Tantowi Pamitan Jelang Akhir Masa Jabatan

Menurutnya, kegiatan ini juga dapat meningkatkan semangat dan motivasi untuk membuat karya yang bermanfaat bagi semua orang.

Dalam proses belajar mengajar kata dia, perlu memberikan motivasi kepada siswa dan meningkatkan semangat untuk meningkatkan rasa percaya diri dan menumbuhkan pemikiran kreatif, sehingga dapat meningkatkan kecerdasan siswa.

"Hal ini bisa dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah dengan mengubah barang yang tidak terpakai menjadi barang yang berguna," katanya.

Lebih jauh dikatakan, seiring dengan laju pertumbuhan penduduk yang terus meningkat, maka perlu penguatan pemahaman generasi muda untuk mendukung terwujudnya pembangunan berkelanjutan dan pengelolaan sumber daya manusia.

"Sehingga dapat mempengaruhi pertumbuhan dan pembangunan daerah lebih lanjut melalui ide dan tindakan dari ide-ide kreatif dan membangun," katanya.

Baca juga : TNI AU Kerahkan Puluhan Prajurit Dan Alutista, Bantu Masyarakat Terdampak Erupsi Semeru

"Pengembangan berkarya dan berkreasi yang kami ajarkan yaitu melalui tayangan video pembuatan kerajinan tempat alat tulis yang berbahan dasar dari kertas origami, lem kertas dan gunting," tambah Isnaeni Rahmayani.

Dalam proses penanaman kemampuan kerja dan kreativitas, anak dapat berpikir, memahami, dan mengeksplorasi hal-hal yang ada di sekitarnya.

"Beri mereka pengetahuan dan kemampuan untuk memecahkan masalah/kegiatan," kata Isnaeni.

Muchayarotul Umi menambahkan, sejauh ini, Indonesia masih berjuang melawan virus Covid-19. Jumlah kasus positif Covid-19 terus bertambah setiap harinya.

"Pemerintah selalu mengingatkan masyarakat untuk mematuhi peraturan kesehatan, karena ini yang kita semua butuhkan," kata Umi.

Baca juga : Animo Vaksin Tinggi, Masyarakat Ogah Kemakan Hoax

Ia mengakui, menghentikan penyebaran virus Covid-19 tidaklah mudah. Untuk itu, ia menyarankan untuk terus meningkatkan kekebalan tubuh agar mampu melawan virus Covid-19.

"Salah satu cara untuk meningkatkan sistem imun tubuh adalah dengan menerapkan pola hidup sehat," pungkasnya. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.