Dark/Light Mode

Khofifah Minta Dudika Fasilitasi Magang ABK Dan Serap Lulusan SLB

Jumat, 10 Desember 2021 09:45 WIB
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri depan) bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Gusti Ayu Bintang (kanan depan) dalam penutupan Unjuk Gelar Keterampilan Hasil Karya Anak Disabilitas, di Kota Batu, Kamis (9/12). (Foto: Dok. Pemprov Jatim)
Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa (kiri depan) bersama Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Gusti Ayu Bintang (kanan depan) dalam penutupan Unjuk Gelar Keterampilan Hasil Karya Anak Disabilitas, di Kota Batu, Kamis (9/12). (Foto: Dok. Pemprov Jatim)

 Sebelumnya 
Mantan Menteri Sosial ini berpesan agar jangan pernah menempatkan anak berkebutuhan khusus sebagai second class society. "Jangan pernah melakukan diskriminasi terhadap ABK. Beri ruang, peluang dan kesempatan yang sama bagi ABK ini,” harap Khofifah.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Jatim ini mengatakan, dalam beberapa tahun terakhir kesadaran dan penyediaan ruang bagi anak-anak yang istimewa ini terus meningkat. Semua ini tentunya berkat kampanye yng terus menerus yang digaungkan baik di tingkat global, nasional, maupun di tingkat lokal semacam ini.

Baca juga : Khofifah Bagikan Foto Ikan Mas Selamat Dari APG Semeru

“Ini tentu menjadi tren yang baik tetapi saya tetap berpesan bahwa pekerjaan kita masih panjang untuk memberikan lingkungan yang ramah dan supportif bagi mereka. Dengan lingkungan yang tepat, kita bisa lihat melalui acara hari ini, anak-anak kita yang istimewa ini bisa berkarya dan berkreasi,” terangnya.

“Karya-karya yang kita lihat hari ini tidak hanya indah tetapi bagi saya sangat menyentuh karena membawa semangat dan mimpi besar. Dengan pendampingan yang tulus dan bersungguh-sungguh, kita bisa bersama melambungkan mimpi dan harapan mereka untuk memberi warna dalam kehidupan kita. Selamat untuk anak-anakku, Bersemangatlah, teruslah berkarya, lambungkan mimpimu setinggi langit. Bu Khofifah ada disini untuk menemani kalian menatap masa depan,” katanya.

Baca juga : Wapres Minta Jajarannya Gerak Cepat Atasi Dampak Letusan Semeru

Dalam kesempatan itu, turut dilakukan peluncuran website abkistimewa.id, yang merupakan program inovasi dari Bidang Pembinaan Pendidikan Khusus Pendidikan Layanan Khusus Dinas Pendidikan Jatim. Program ini merupakan aksi tindak lanjut dari program Vokasi Istimewa.

Abkistimewa.id merupakan website induk yang dikelola Bidang Pembinaan PK-PLK dan terintegrasi dengan website sekolah SLB se-Jatim. Sat ini, SLB se-Jatim memulai proses digitalisasi pembelajaran. Nantinya website ini akan menjadi wadah berupa marketplace, yang memajang hasil produk Vokasi Istimewa karya siswa ABK di SLB, sehingga user bisa memilih dan bertransaksi langsung dengan siswa ataupun sekolah.

Baca juga : Jakpro Diminta Sediakan Fasilitas Ibadah Di JIS

Khofifah berharap, keberadaan website ini akan menjadi sarana untuk menyiapkan Sekolah Luar Biasa di Jatim menuju manajemen sekolah yang berbasis Digital di era 4.0. Sehingga nantinya diharapkan SLB selangkah lebih maju dan bisa menunjukkan bahwa SLB Bisa, PKLK Istimewa, Mandiri tanpa diskriminasi.

"Website ini menjadi perhatian kita kepada anak istimewa yakni siswa-siswi berkebutuhan khusus di lembaga SLB se- Jatim agar mampu mandiri tanpa diskriminasi. Harapan kita bersama, agar ke depan anak-anak Istimewa dengan kebutuhan khusus ini memiliki ketrampilan yang nantinya menjadi bekal ketika lulus dari sekolah," kata Khofifah.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.