Dark/Light Mode

Gus Halim: Pariwisata Majukan Desa

Jumat, 10 Desember 2021 15:10 WIB
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat mengunjungi Pantai Plentong, Indramayu, Jawa Barat. (Foto: Humas Kemendes PDTT)
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat mengunjungi Pantai Plentong, Indramayu, Jawa Barat. (Foto: Humas Kemendes PDTT)

 Sebelumnya 
Kegiatan ziarah ke makam pionir pembangunan transmigrasi adalah agenda rutin tahunan untuk mengenang peristiwa kecelakaan salah satu rombongan bus transmigran asal Kabupaten Boyolali menuju UPT Rumbiya, Sumatera Selatan, yang terjadi pada 11 Maret 1974 dini hari di Desa Sukra.

Peristiwa nahas ini mengakibatkan meninggalnya 67 korban pada fase awal program transmigrasi yang dijalankan oleh pemerintah sebagai langkah untuk penyebaran pembangunan di Indonesia.

Baca juga : Gus Jazil Puji KSAD Mau Rekrut Santri Jadi Tentara

"Setiap tahun dalam rangka peringatan HBT kita agendakan mengadakan tabur bunga dan bertemu keluarga para pionir transmigran yang gugur," ujar Gus Halim seusai berziarah.

Menurut Gus Halim, agenda tahunan dalam rangkaian peringatan HBT ini merupakan bentuk penghargaan dan penghormatan serta doa kepada para pionir yang gugur. 

Baca juga : Sandi: Desa Wisata Bangkitkan Ekonomi Nasional

"Makam ini sebagai tanda perjuangan pionir pembangunan transmigrasi di Indonesia. Saya berharap kepada para transmigran di seluruh Indonesia agar dapat mengembangkan potensi dan sukses di tempat transmigrasi," tandasnya. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.