Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Gus Halim: Pariwisata Majukan Desa

Jumat, 10 Desember 2021 15:10 WIB
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat mengunjungi Pantai Plentong, Indramayu, Jawa Barat. (Foto: Humas Kemendes PDTT)
Mendes PDTT Abdul Halim Iskandar saat mengunjungi Pantai Plentong, Indramayu, Jawa Barat. (Foto: Humas Kemendes PDTT)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Abdul Halim Iskandar menyatakan, pariwisata di desa-desa wisata membuat desa berkembang dan maju. Untuk itu, kementeriannya akan terus mendukung upaya-upaya pemajuan desa-desa wisata di seluruh Indonesia.

"Dampak baik dari desa wisata adalah kemajuan desa. Hal itu tampak pada peningkatan pendapatan asli desa (PADes), desa menjadi terkenal, pengalaman baru bagi warga masyarakat dan generasi muda, dan sejumlah dampak kemajuan lain,” ungkap pria yang karib dengan sebutan Gus Halim ini saat mengunjungi Pantai Plentong, Indramayu, Jawa Barat, seperti keterangan yang diterima RM.id, Jumat (10/12).

Pantai Plentong merupakan salah satu kawasan wisata yang dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Ujunggebang, Kecamatan Sukra, Kabupaten Indramayu. Dampak yang baik bagi kemajuan desa membuat Gus Halim sangat mendukung pengembangan desa wisata.

Baca juga : Gus Jazil Puji KSAD Mau Rekrut Santri Jadi Tentara

"Dampak yang baik inilah yang dibutuhkan untuk percepatan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa. Karena itu, saya mengajak agar desa wisata terus dikembangkan," ajak dia. 

Gus Halim mencontohkan, Desa Wisata Ujunggebang sebagai salah satu praktik terbaik (best practice) dari pengembangan dan pembangunan desa di Indonesia.

"Desa wisata pantai ini dulunya tempat sampah yang saat ini sudah bagus dan bersih. Para pemuda-pemuda di desa ini begitu kompak karena mereka bergerak untuk membersihkan selama lima bulan untuk ngurusin sampah ini, hingga menjadi desa wisata," tuturnya.

Baca juga : Sandi: Desa Wisata Bangkitkan Ekonomi Nasional

Sebelum ke Pantai Plentong Gus Halim berziarah ke makam pionir pembangunan transmigrasi di Desa Sukra, Kecamatan Sukra, Indramayu.

Kunjungan ini merupakan bagian dari rangkaian peringatan Hari Bakti Transmigrasi (HBT) Ke-71 yang jatuh pada Minggu, 12 Desember 2021.

Turut hadir dalam ziarah ini Bupati Indramayu Nina Agustina, Sekjen Kemendes PDTT Taufik Madjid, Dirjen Pembangunan dan Pengembangan Kawasan Transmigrasi (PPKTrans) Aisyah Gamawati, Dirjen Pembangunan Desa dan Pedesaan (PDP) Sugito, dan Dirjen Percepatan Pembangunan Daerah Tertinggal (PPDT) Eko Sri Haryanto.

Baca juga : Azis Syamsuddin Ogah Ajukan Eksepsi

Kemudian, Dirjen Pengembangan Ekonomi dan Investasi Desa (PEID) Harlina Sulistyorini, Kepala BPSDM itu Luthfiyah Nurlaela, dan Inspektur Jenderal Ekamawati, serta pejabat lain dari Kemendes PDTT maupun dari Pemerintah Kabupaten Indramayu.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.