Dark/Light Mode

Kemenag Dukung Transformasi Universitas Islam Syekh Siber Nurjati Di Cirebon

Senin, 13 Desember 2021 19:39 WIB
Foto: Dok. Kemenag
Foto: Dok. Kemenag

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Agama (Kemenag) menyambut baik transformasi IAIN Syekh Nurjati Cirebon ke Universitas Islam Siber Syekh Nurjati Indonesia (UISSI).

Tranformasi alih status tersebut akan ditandai secara formal dengan soft launching Program Studi Siber PAI yang akan digelar di Kampus IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Senin (13/12).

Direktur Jendral (Dirjen) Pendidikan Islam, Muhammad Ali Ramdhani mengatakan, kehadiran Cyber Islamic University didasari oleh semangat untuk memenuhi janji konstitusi. Yaitu memastikan tidak ada warga negara yang tidak terlayani untuk kuliah di perguruan tinggi keagamaan Islam.

Baca juga : Menag Dukung BEM UI Suarakan Moderasi Beragama di Kampus

Guru Besar UIN Sunan Gunung Djati tersebut menegaskan, transformasi kelembagaan yang digagas oleh IAIN Syekh Nurjati Cirebon menjadi Cyber Islamic University akan menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) siber di Indonesia.

“Dengan model pembelajaran yang sepenuhnya daring mulai dari proses pendaftaran mahasiswa sampai kelulusan, Cyber Islamic University diharapkan akan menjadi PTKI pertama di Indonesia yang sepenuhnya diselenggarakan secara daring,” ujar Ali Ramdhani, dalam keterangannya, Senin (13/12).

Di kesempatan sama, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (Diktis) Ditjen Pendidikan Islam, Suyitno menegaskan kehadiran UISSI merupakan tuntutan zaman dan langkah strategis yang harus ditempuh Kemenag untuk merespon kebutuhan di lapangan.

Baca juga : Ewindo Dukung Pipanisasi Untuk Petani Jember

“Cyber Islamic University, UISSI ini bukan program gengsi-gengsian. Kita ini punya pekerjaan rumah 86 ribu guru yang belum sarjana karena tidak dapat meninggalkan tugas mengajarnya," ujar Suyitno.

Menurutnya jika ini tidak kita atasi, maka mereka tidak dapat meningkatkan jenjang karirnya sebagai guru profesional, dan ini tidak boleh dibiarkan oleh Kemenag.

Sementara itu, Rektor IAIN Syekh Nurjati Cirebon, Sumanta Hasyim berterimakasih kepada jajaran pejabat Kemenag yang telah mendukung kampus yang berada di Kota Udang ini menuju UISSI.

Baca juga : SoKlin Pewangi Dukung Wanita Muda Indonesia Tampil Percaya Diri

Dukungan terus berdatangan, baik dari internal Kemenag maupun dari eksternal.

“Alhamdulillah, setelah melalui perjuangan yang panjang, saat ini kita dalam proses transformasi kelembagaan dari Institut menuju Universitas, sebuah Pilot Project yang ini merupakan sebuah apresiasi kepada lembaga kita dari Kemenag," ujar Sumanta Hasyim.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.