Dark/Light Mode

Pastikan Penerapan Prokes, Menko Airlangga Pimpin Rakor Persiapan Muktamar NU Ke-34

Sabtu, 18 Desember 2021 15:47 WIB
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memimpin langsung Rapat Koordinasi persiapan Muktamar NU Ke-34, Sabtu (18/12). (Foto: Humas Kemenkoperekonomian)
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memimpin langsung Rapat Koordinasi persiapan Muktamar NU Ke-34, Sabtu (18/12). (Foto: Humas Kemenkoperekonomian)

RM.id  Rakyat Merdeka - Jelang Muktamar Nahdlatul Ulama (NU) ke-34 yang rencananya digelar pada 22-23 Desember 2021, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memimpin langsung Rapat Koordinasi yang membahas persiapan acara Muktamar tersebut, Sabtu (18/12).

Rakor yang digelar secara virtual itu dihadiri Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang diwakili Asops Kapolri Irjen Imam Sugianto.

Kemudian, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi diwakili Sekretaris Daerah Provinsi Lampung, Kepala BNPB Mayjen Suharyanto, serta Panitia Nasional Mukmatar NU Ke-34, Muhammad Imam Aziz.

"Rapat ini diselenggarakan untuk mengecek persiapan dalam penyelenggaraan Muktamar NU ke-34, yang akan diselenggarakan secara hybrid di Lampung. Asesmen situasi pandemi Provinsi Lampung sudah berada di Level 1," ujar Menko Airlangga yang juga menjabat sebagai Ketua Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN).

Baca juga : Pandemi Terkendali, Airlangga Pede Ekonomi Bakal Segera Bangkit

Diingatkan Airlangga, pemerintah senantiasa memprioritaskan kesehatan masyarakat dalam penyelenggaraan agenda-agenda acara besar nasional di tengah pandemi Covid-19.

Hal ini dapat terlihat dalam penyelenggaran event PON di Papua, World Superbike (WSBK) di Mandalika, dan forum internasional G20 yang digelar dengan tetap menaati disiplin protokol kesehatan yang ketat.

Pada Rakor ini, pihak panitia menjelaskan secara lengkap mengenai strategi pra Muktamar. Mulai proses registrasi secara online, sampai proses edukasi penerapan protokol kesehatan.

Kemudian, penerapan standar tata laksana protokol kesehatan pada saat Muktamar, dan monitoring paska Muktamar, yang semuanya dikoordinasikan pihak Panitia Nasional Muktamar NU ke-34.

Baca juga : Prestasi Ekonomi Kinclong, Elektabilitas Airlangga Nanjak Terus

Menkes Budi Gunadi Sadikin menyampaikan, untuk memproteksi masyarakat, capaian vaksinasi di Provinsi Lampung, terutama di wilayah-wilayah tempat penyelenggaraan acara, harus terus ditingkatkan agar sesuai dengan target.

Dia membeberkan, capaian vaksinasi dosis 1 di Lampung Tengah baru sebesar 61,49 persen. Akan dilakukan akselerasi agar bisa mencapai angka 70 persen, dengan dukungan penuh dari panitia bersama dengan TNI dan Polri.

Sementara Menag Yaqut Cholil Qoumas meminta panitia memastikan jumlah peserta yang hadir sesuai undangan dan kapasitas tempat, untuk memastikan protokol penyelenggaraan acara.

Soalnya, diingatkannya, Muktamar NU ke-34 tak hanya acara pertemuan biasa. Tetapi, sekaligus sebagai ajang silaturahmi seluruh warga NU. Tapi karena saat ini sedang pandemi, maka panitia perlu untuk tetap tegas dan harus memastikan hal tersebut.

Baca juga : Idris Laena: Airlangga Tepat Pimpin Indonesia Pasca Pandemi

Untuk mengantisipasi kehadiran rombongan lain di luar undangan, Menko Airlangga mengatakan, perlu disiapkan lokasi lain untuk menampung mereka.

"Fasilitasi dengan layar agar tetap bisa menyaksikan secara langsung. Untuk itu, kanalisasi dan pengaturan sangat diperlukan," tegas Menko Airlangga.

Menanggapi hal tersebut, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dan Asops Kapolri Irjen Imam Sugianto menyatakan siap untuk membantu sepenuhnya pengaturan seluruh kegiatan dan acara dalam penyelenggaraan Muktamar NU ke-34 ini. Mulai dari percepatan vaksinasi, sampai menjaga ketertiban dan keamanan acara.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.