Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Indonesia CARE Hibur Pengungsi Semeru Lewat Trauma Healing

Sabtu, 18 Desember 2021 20:24 WIB
Tim psikolog Indonesia Care Perempuan dan Anak (ICPA) Indonesia CARE  menghibur anak-anak di posko Peduli Semeru Indonesia Care di Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (18/12). (Foto: Ist)
Tim psikolog Indonesia Care Perempuan dan Anak (ICPA) Indonesia CARE  menghibur anak-anak di posko Peduli Semeru Indonesia Care di Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (18/12). (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga kemanusiaan Indonesia CARE kembali melanjutkan aksinya membantu korban erupsi Gunung Semeru. Kali ini, giliran tim psikolog Indonesia Care Perempuan dan Anak (ICPA) yang hadir memberikan trauma healing dan pendampingan psikososial bagi pengungsi.

"Rasa jenuh mulai menghinggapi para pengungsi yang kami temui. Jangan sampai rasa jenuh berubah jadi stres dan putus asa," ujar Direktur Operasional Indonesia CARE, Mukhsin di posko Peduli Semeru Indonesia Care di Lumajang, Jawa Timur, Sabtu (18/12).

Mukhsin menjelaskan, karakteristik korban bencana, biasanya baru terasa penderitaannya di saat semua orang mulai berkurang intensitas kehadirannya di lokasi pengungsian. Nah, di situasi ini, akan muncul rasa sepi dan putus asa. Para pengungsi ini, katanya, mulai kebingungan melanjutkan kehidupannya tanpa rumah, pekerjaan, bahkan ketiadaan tulang punggung keluarga yang tewas akibat bencana.

Baca juga : Persija Yakin Dua Pemain Barunya Bisa Bikin Perubahan

"Penting hadirnya para konsultan psikologi untuk melakukan pendampingan. Ini perhatian kami juga," sebutnya.

Direktur Program Indonesia CARE Mega Waty memastikan pihaknya berkomitmen melakukan pendampingan sosial bagi para pengungsi hingga masa recovery. Ketua Program ICPA ini juga menegaskan tetap berkomitmen mendampingi khususnya kaum ibu, wanita, dan anak-anak.

"Setiap kali datang bencana, pengungsi terbanyak adalah perempuan dan anak-anak. Mereka rentan terhadap penyakit dan maaf berpotensi adanya pelecehan seksual. Mereka jugalah yang sering terabaikan kebutuhan khususnya. Karenanya kami merasa penting hadir bersamanya," ujar Mega.

Baca juga : Ditalak Persib, Wander Luiz: Terima Kasih Bobotoh

Selain kegiatan pendampingan, Indonesia CARE dimasa recovery juga tengah berupaya ikut serta menyelenggarakan hunian sementara bagi para pengungsi yang kehilangan tempat tinggalnya.

"Tak ada yang lebih penting bagi para relawan kemanusiaan selain melihat kembali senyum bahagia dan doa terbaik dari para pengungsi korban erupsi Semeru," pungkasnya.

Untuk diketahui, Indonesia CARE kali ini melakukan aksinya dengan sejumlah mitra kemanusiaan. Di antaranya, Majelis Wilayah KAHMI Jawa Timur, Majelis Daerah KAHMI Lumajang, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), dan PT Prasadha Pamunah Limbah Industri (PPLI). [BSH]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.