Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Kesabaran Jemaah Umrah Kembali Diuji

Senin, 20 Desember 2021 08:00 WIB
Ilustrasi Calon jamaah. (Foto: AP)
Ilustrasi Calon jamaah. (Foto: AP)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kesabaran jemaah umrah Indonesia kembali diuji. Pasalnya, Pemerintah menunda lagi keberangkatan ke Tanah Suci karena adanya Covid-19 varian Omicron. Diharapkan, penundaan tidak berlangsung lama.

Akun @perupadata mengungkap awal rencana keberangkatan umrah setelah lama tertunda karena pandemi Covid-19 dilaksanakan pada 16 Desember 2021. Namun ditunda karena kebijakan karantina dan belum siapnya integrasi sistem PeduliLindungi-Tawakalna.

Kali ini, umrah kembali ditunda dari jadwal keberangkatan yang sejatinya dimulai pada 23 Desember 2021. Alasannya, Covid-19 varian Omicron sudah ditemukan di Indonesia.

Baca juga : Rajin Atasi Hambatan Proyek Mangkrak, Moeldoko Dipuji

“Pemerintah akan mengevaluasi lagi situasi terkini pada bulan Januari mendatang,” ungkap @perupadata.

Akun @BPKHRI menjelaskan, keputusan ini diambil usai adanya imbauan dari Presiden Jokowi dan arahan Menteri Agama agar masyarakat tidak melakukan perjalanan ke luar negeri. Termasuk, setelah Kementerian Agama (Kemenag) menggelar rapat dengan Asosiasi Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umrah (PPIU).

“Kemenag terus melakukan koordinasi dengan semua pihak terkait untuk terus mengupayakan terselenggaranya ibadah umrah yang sehat dan aman. Mari kita terus berdoa dan berikhtiar, semoga kita semua bisa segera pergi ke Tanah Suci,” kata @BPKHRI.

Baca juga : Ganjar Bawa Jateng Raih Anugerah Meritokrasi 2021

Akun @razki_iskandar menyesalkan adanya penundaan kembali keberangkatan umrah karena Covid-19 varian Omicron. “Tuh kan jadi ngefek ke yang mau umrah. Bukan mencari kesalahan yang bawa Omicron ke RI ya, tapi ya seharusnya merasa bersalah yang pergi-pergi ke luar negeri,” katanya.

“Ujung-ujungnya umrah yang dibatalkan. Kasihan sama umat Islam Indonesia. Memang yang kena Omicron pergi ke negara mana sih sampai ketularan begitu. Tolong dong dijelaskan semua biar jelas,” kata @inominataa.

Akun @harisiyo berharap penundaan tidak kembali terjadi. Dia menyemangati para jamaah yang akan melaksanakan ibadah umrah diberikan kesabaran.

Baca juga : Julia Robets Rayakan Ultah Si Anak Kembar

“Ya Allah, diuji kesabaran sekali lagi ya,” ujar @jessiekhimawan. “Nyebelin emang nih Omicron,” tambah @mariogaw.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.