Dark/Light Mode

Ganjar Pranowo Kawal Ribuan Perempuan Pekerja Rumahan Biar Dapat BPJS

Selasa, 21 Desember 2021 14:15 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Pemprov Jateng)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Pemprov Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mendorong 1.700 perempuan pekerja rumahan atau informal di Jateng mendapatkan fasilitas BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan.

"Ada pendamping pekerja-pekerja sektor informal yang ada di rumah tapi tidak bisa mengakses BPJS. Maka hari ini, saya minta untuk telepon pengelola BPJS baik kesehatan maupun ketenagakerjaan agar mereka bisa dicover," ujar Ganjar dalam keterangannya, Selasa (21/12).

Baca juga : RI Dan Jepang Perkuat Kerja Sama Seni Dan Budaya

Ganjar menuturkan, BPJS amat berguna bagi para pekerja perempuan sektor informal. "Fasilitas pemerintah itu penting," tegasnya.

Ganjar menyampaikan, Pemprov Jateng memang terus fokus memperhatikan kondisi perempuan dan anak serta disabilitas. Bahkan di setiap kegiatan musyawarah rencana pembangunan nasional, Jateng selalu mengedepankan kelompok itu. Tujuannya, kata Ganjar agar suara perempuan, anak dan disabilitas bisa menggema dan didengar.

Baca juga : Ganjar Pranowo Ingatkan Modernisasi Dan Database Nelayan

Pemberdayaan perempuan dan anak, juga terus diintensifkan. Para dinas atau SKPD terkait juga didorong bisa mendorong kelompok itu bangkit dari keterpurukan, termasuk di sektor ekonomi.

Ganjar mengingatkan, banyak pelatihan dibuat dan pendampingan, hingga akses permodalan yang diberikan Pemprov Jateng.

Baca juga : Siti Fauziah: Peran Perempuan Penting Dalam Pembangunan Nasional

Bahkan pendataan yang dilakukan dari Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Anak terus disandingkan dengan Dinas Koperasi dan UMKM melakukan pelatihan. "Namun kita mesti membangun bahwa kesetaraan gender, wajib hukumnya," tandasnya. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.