Dark/Light Mode

Ketum Muhammadiyah: Selamat Muktamar Ke-34 NU

Rabu, 22 Desember 2021 15:18 WIB
Ucapan selamat Muktamar NU dari Muhammadiyah. (Foto: Instagram Haedar Nashir)
Ucapan selamat Muktamar NU dari Muhammadiyah. (Foto: Instagram Haedar Nashir)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah Prof Haedar Nashir menyampaikan selamat Muktamar ke-34 Nahdlatul Ulama (NU) di Lampung, yang dibuka hari ini, Rabu (22/12).

"Semoga Muktamar dapat berjalan dengan baik, lancar, dan sukses yang menghasilkan keputusan-keputusan penting bagi kemajuan dan kemaslahatan NU, umat, bangsa, dan kemanusiaan di ranah global," ucap Haedar, dalam keterangannya, Rabu (22/12).

Baca juga : Peserta Dan Tamu Pembukaan Muktamar Ke-34 NU Mulai Berdatangan

Sejalan dengan tema muktamar yaitu ”Menuju Satu Abad NU: Membangun Kemandirian Warga untuk Perdamaian Dunia” Haedar percaya NU akan semakin maju, mandiri, dan menebar damai di tengah dinamika kehidupan keumatan, kebangsaan, dan kemanusiaan semesta yang kompleks saat ini.

"NU bersama Muhammadiyah dan organisasi keagamaan yang lahir sebelum kemerdekaan telah membuktikan diri sebagai gerakan keislaman yang berjuang untuk Indonesia merdeka serta membangun Indonesia dengan pengkhidmatan tinggi yang menyatukan keislaman dan kebangsaan secara integratif," imbuh Haedar.

Baca juga : Pagi Ini Bertolak Ke Lampung, Kiai Maruf Siap Hadiri Muktamar Ke-34 NU

Bagi NU dan Muhammadiyah, lanjut Haedar, Indonesia dengan dasar Pancasila dan UUD 1945 telah selesai atau final sebagai rumah berbangsa dan bernegara milik bersama. "Kedua ormas terbesar ini hadir sebagai representasi Islam moderat yang menampilkan wasathiyah Islam yang rahmatan lil'alamin," jelas Haedar.

NU dan Muhammadiyah menjadi pilar yang menyatukan bangsa dalam spirit Bhineka Tunggal Ika sekaligus menampilkan karakter ke-Indonesiaan yang religius dan tengahan dengan menjunjung tinggi nilai-nilai luhur Pancasila, agama, dan kebudayaan bangsa Indonesia.

Baca juga : Jokowi Dan Kiai Maruf Bakal Hadiri Pembukaan Muktamar NU

"Tantangannya bagaimana ke depan kedua ormas Islam moderat tersebut mampu menjadi kekuatan yang berada di garda depan dalam membawa Indonesia berkemajuan sejajar dengan bangsa-bangsa lain yang telah maju sesuai jatidirinya yang dilandasi tiga nilai utama tersebut," tutup Haedar. [USU]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.