Dark/Light Mode

Ganjar Berhasil Lobi PLN, 3 Pulau Di Karimunjawa Bakal Dialiri Listrik

Jumat, 24 Desember 2021 17:54 WIB
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Pemprov Jateng)
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo. (Foto: Humas Pemprov Jateng)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo berhasil melobi PLN untuk mengambil alih pemenuhan kebutuhan listrik di Pulau Parang, Genting, dan Nyamuk, yang berada di Kepulauan Karimunjawa. Sebentar lagi, masyarakat di tiga pulau terpencil itu akan mendapat aliran listrik dari PLN.

Beberapa waktu lalu, Ganjar mengunjungi pulau Parang, Karimunjawa. Di sana, ia mendapat keluhan warga terkait sumber energi listrik. Energi listrik yang mereka dapat dari solar cell, rusak. Sehingga, aktivitas masyarakat terganggu.

Baca juga : Tips Aman Dari PLN Untuk Hindari Bahaya Listrik Saat Banjir

Masyarakat berharap PLN yang mengambil alih pemenuhan listrik di pulau itu. Ganjar pun langsung menyanggupi. Ia mengatakan akan melobi PLN agar bisa membantu pemenuhan listrik di sana.

"Alhamdulillah hari ini ada info menarik. Listrik di Karimunjawa khususnya di pulau-pulau kecil seperti Parang, Nyamuk, dan Genting, akan diambil alih oleh PLN. Waktu saya ke sana, memang ada problem di mana sumber energi listrik dari solar cell di sana rusak dan masyarakat tidak mampu memperbaiki," kata Ganjar, usai acara penyerahan bantuan listrik gratis di ruang rapat gedung A lantai 2 kompleks Pemprov Jateng.

Baca juga : BKSDA Jambi Berhasil Relokasi Harimau Sumatera "Si Belang” Dari Desa Air Hitam

Kabar baik itu, disampaikan langsung oleh GM PLN unit induk distribusi Jateng DIY, Irwansyah saat acara penyerahan bantuan listrik gratis tersebut. Menurut Ganjar, PLN membutuhkan waktu tiga bulan untuk menyelesaikan persoalan listrik di pulau-pulau kecil itu. 

"Pak GM menyampaikan akan di-take over PLN. Jaringannya diperbaiki sehingga masyarakat di sana mendapatkan tindakan afirmasi. Kebutuhan listrik mereka akan bisa dipenuhi dan tiga bulan lagi selesai," ucapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.