Dark/Light Mode

Lawan Hoaks

Satgas Covid-19: Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Aman Kok

Minggu, 26 Desember 2021 07:10 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito. (Foto: Humas BNPB)
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito. (Foto: Humas BNPB)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kabar bohong alias hoaks soal vaksinasi kembali muncul. Disebut, vaksinasi terhadap anak usia 6-11 tahun merupakan percobaan. Anak-anak itu, hanya jadi kelinci percobaan. Kabar hoaks itu pun dibantah Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito menegaskan, sebelum disuntikkan ke manusia, semua vaksin Covid-19 sudah mendapat persetujuan dari lembaga berwenang.

Baca juga : SehatQ Dan Novell Pharmaceutical Gelar Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Di Tangerang

“Adapun video yang beredar yang menyatakan vaksinasi menjadikan anak-anak sebagai kelinci percobaan adalah hoaks yang sangat tidak bertanggung jawab,” kata Wiku, kemarin.

Dia menjelaskan, vaksin Sinovac yang digunakan untuk vaksinasi anak usia 6-11 tahun telah mendapatkan persetujuan penggunaan pada masa darurat atau emergency use authorization (EUA). Telah diterbitkan pula nomor izin edar (NIE) oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Baca juga : Syukur, Peminat Vaksinasi Anak Semakin Meningkat

Dia menjelaskan, EUA yang diberikan sebagai upaya percepatan proses pengembangan registrasi dan evaluasi vaksin itu, tidak melupakan aspek mutu, keamanan, dan khasiatnya.

Selain itu, berdasarkan hasil laporan ilmiah dari uji coba telah dilakukan pemantauan berkala kepada penerima vaksin di China. Keputusan ilmiah ini mempertimbangkan keamanan dan kemampuan pembentukan antibodi. “Sehingga vaksin dapat direkomendasikan untuk anak kelompok usia 6 sampai dengan 11 tahun,” ungkapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.