Dark/Light Mode

Lawan Hoaks

Satgas Covid-19: Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Aman Kok

Minggu, 26 Desember 2021 07:10 WIB
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito. (Foto: Humas BNPB)
Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19, Prof Wiku Adisasmito. (Foto: Humas BNPB)

 Sebelumnya 
Sementara Direktur Jenderal (Dirjen) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Maxi Rein Rondonuwu menyatakan, penggunaan vaksin Sinovac untuk vaksinasi anak usia 6-11 tahun dilakukan atas dasar izin BPOM.

“Jadi saat ini yang sudah ada izin baru Sinovac. Ya nggak tahu ya tahun depan. Kalau sudah ada (vaksin lain) juga yang lolos dari BPOM bisa juga dari vaksin lain,” ujar Maxi.

Baca juga : SehatQ Dan Novell Pharmaceutical Gelar Vaksinasi Anak 6-11 Tahun Di Tangerang

Kemenkes memastikan, vaksinasi Covid-19 untuk anak usia 6-11 tahun berjalan dengan lancar. Maxi menyebut, sejak vaksinasi yang dimulai pada 14 Desember lalu, anak usia 6-11 tahun yang terdata untuk divaksin semakin meningkat. “Jadi saya kira vaksinasi berjalan lancar, aman, dan peminatnya tentu makin lama makin banyak ya, baru seminggu lebih,” tuturnya.

Menurut Maxi, Kemenkes kini fokus menggencarkan vaksinasi untuk seluruh kelompok, mulai dari anak-anak hingga lanjut usia (lansia).

Baca juga : Syukur, Peminat Vaksinasi Anak Semakin Meningkat

Berdasarkan data terbaru Kemenkes, kata dia, sudah lebih dari 70 persen masyarakat Indonesia divaksinasi Covid-19 dosis pertama. Bahkan, vaksinasi lansia telah mencapai 60 persen.

“Saat ini pantauan kami di sistem, sudah 500 ribu lebih (anak-anak usia 6-11 tahun) yang divaksinasi. Tentu sasaran 26,5 juta masih jauh, tetapi kan karena baru semua kabupaten/kota (dilakukan vaksinasi),” ucap Maxi. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.