Dewan Pers

Dark/Light Mode

Praperadilan Andi Putra Ditolak, KPK Tancap Gas Rampungkan Berkas

Senin, 27 Desember 2021 17:32 WIB
Bupati nonaktif Kuansing, Andi Putra. (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)
Bupati nonaktif Kuansing, Andi Putra. (Foto: Tedy Kroen/Rakyat Merdeka)

RM.id  Rakyat Merdeka - Hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) menolak gugatan praperadilan Bupati nonaktif Kuantan Singingi (Kuansing) Andi Putra soal penangkapan dan penetapan tersangka yang dilakukan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Komisi antirasuah pun mengapresiasi putusan itu.

"Putusan ini menegaskan proses penanganan perkara oleh KPK telah dilakukan sesuai dengan mekanisme ketentuan hukum yang berlaku," ujar Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri lewat pesan singkat, Senin (27/12).

Berita Terkait : Tertibkan Aset Perusahaan, KAI Terapkan GCG

Dalam pertimbangannya, hakim menyatakan, KPK telah mengikuti prosedur hukum saat menangkap Andi Putra. Begitu pun dengan penetapan tersangkanya. Dengan putusan ini, KPK langsung tancap gas merampungkan berkas penyidikan kasus yang menjerat Andi Putra.

"Kami akan melanjutkan penyidikan dan segera melimpahkan perkara tersebut ke pengadilan tindak pidana korupsi," tegasnya.

Berita Terkait : KPK Terima Dengan Lapang

Diketahui, Andi Putra mengajukan praperadilan atas langkah KPK yang menangkap dan menetapkannya sebagai tersangka kasus dugaan suap pengurusan perpanjangan izin Hak Guna Usaha (HGU) perkebunan sawit. Andi menyatakan penyidikan yang dilakukan KPK tidak berdasar hukum.
 Selanjutnya