Dark/Light Mode

Merchant Di DKI Yang Gunakan QRIS Sudah 96 Persen

Kamis, 2 Desember 2021 09:40 WIB
Foto: PPID DKI
Foto: PPID DKI

RM.id  Rakyat Merdeka - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPw BI) DKI Jakarta mencatat ada 2.066.853 merchant yang menggunakan QR Code Indonesian Standard (QRIS) di Jakarta per 26 November 2021.

Jumlah ini menyumbang 17 persen dari target nasional merchant pengguna QRIS di seluruh Indonesia yang mencapai sekitar 12 juta merchant.

Kepala Kantor Perwakilan BI DKI Jakarta, Onny Widjanarko mengatakan, jumlah merchant pengguna QRIS di Jakarta sudah mencapai 96,13 persen dari target pengguna QRIS di Jakarta tahun 2021 sebanyak 2.150.000 merchant.

Baca juga : Mendagri Kembali Ingatkan Daerah Percepat Realisasi Belanja

"Kami akan terus memperluas serta meningkatkan pengguna QRIS, terutama pelaku UMKM di Jakarta. QRIS atau pembayaran non-cash itu salah satu alternatif yang lebih cepat untuk UMKM bisa terkoneksi dengan ekosistem digital, paling tidak mereka punya akses. Kami yakin digitalisasi di Jakarta akan lebih cepat," ujarnya, Rabu (1/12).

Onny menjelaskan, Bank Indonesia berkomitmen untuk terus memperluas akseptasi pembayaran digital, salah satunya melalui fasilitasi penggunaan QRIS di pasar-pasar dan pusat perbelanjaan.

Komitmen tersebut diwujudkan melalui Program Pasar dan Pusat Perbelanjaan SIAP (Sehat, Inovatif dan Aman Pakai) QRIS. Tujuannya, untuk mempermudah transaksi pembayaran sekaligus meningkatkan digitalisasi keuangan terutama di masa pandemi Covid-19.

Baca juga : Sekolah Tatap Muka Di Korsel Kini Sudah Full 100 Persen

"Sasaran program ini adalah pedagang maupun pelaku UMKM di pasar, karena di pasar masih ada transaksi tunai. Sedangkan nontunai itu akan membantu para pedagang pasar untuk belajar menyusun laporan keuangan juga nantinya, karena semua tercatat," terangnya.

Lebih lanjut Onny, mengatakan dengan adanya SIAP QRIS ini membantu mewujudkan Jakarta Smart City 4.0 dan memberikan peluang bagi UMKM memasuki lima akses penting dalam dunia ekonomi yaitu, akses keuangan, produksi, pasar, payment dan logistik.

Kepraktisannya, sambung Onny, tidak perlu kembalian, uang masuk langsung ke rekening. Jadi, jika semua transaksi tercatat akan memudahkan bagi bank atau bagi lembaga keuangan untuk memberikan kredit.

Baca juga : Pelatihan Literasi Digital Guru Madrasah Tingkatkan Media Pembelajaran

UMKM yang terkoneksi dengan ekosistem digital biasanya omzetnya meningkat antara 30-70 persen.

"Istilahnya Cemumuah yaitu cepat, mudah, murah, aman dan handal. Semuanya yang dilakukan murni untuk memfasilitasi UMKM agar mereka bisa lebih makmur, sejahtera dan mereka naik kelas," ujar Onny. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.