Dark/Light Mode

Prabowo Jarang Muncul Tapi Juara Survei Capres, Kok Bisa?

Kamis, 30 Desember 2021 21:15 WIB
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. (Foto: Humas Setjen Kemhan)
Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. (Foto: Humas Setjen Kemhan)

RM.id  Rakyat Merdeka - Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto jarang muncul di ruang publik dibandingkan pejabat dan tokoh politik lain yang dielus layak menjadi calon presiden (capres). Namun demikian, Menteri Pertahanan (Menhan) itu sering menempati peringkat satu survei capres. Kok bisa? 

Pengamat politik Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin mengamini Prabowo jarang muncul jika dibandingkan calon lain. Hal itu,  menurutnya, karena Prabowo selama ini  kurang mahir melakukan pencitraan.

Baca juga : Pengamat: Buah Kejelian Jokowi 

"Prabowo mestinya menonjolkan prestasinya sebagai Menhan. Kinerja-kinerjanya bagus di Kemhan (Kementerian Pertahanan)," ucapnya saat dihubungi pada Rabu (29/12).

Sebagai Menhan, menurutnya, Prabowo tergolong jarang membuat pernyataan publik meski kerjanya sebagai pembantu Presiden Jokowi dapat dilihat melalui media sosial Kemhan.

Baca juga : Prabowo & Ganjar Rebutan Posisi Capres Unggulan

Dia menilai, kerja Prabowo yang terlihat menonjol adalah kegiatan diplomasinya kepada petinggi negara lain seperti Prancis, Amerika Serikat, Italia, Inggris, dalam rangka kerja sama pertahanan dan pengadaan Alat Utama Sistem Persenjataan (Alutsista) canggih yang dibidik oleh Indonesia, seperti pesawat tempur Rafale dan F-15 EX, fregat Arrowhead 140, dan kapal selam Scorpene.

Untuk diketahui, hingga kini Prabowo belum buka suara terkait isu pencapresan meski kader partainya telah menyatakan dukungan agar ia maju lagi dalam Pilpres 2024.

Baca juga : Prabowo-Puan Bisa Menang Pilpres, Asal Anies Nggak Maju Jadi Capres

Direktur Eksekutif Indonesia Political Review (IPR) ini berkeyakinan, Prabowo akan intensif kembali muncul kepada publik bila saatnya tiba nanti.

"Pilpres ibarat lari maraton, akan melalui rute yang panjang. Jadi, perlu strategi tertentu untuk bisa masuk finish dan keluar sebagai juara," ungkapnya.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.