Dark/Light Mode

Anies Gubernur Top Influencer Di Media, Emil Paling Berpengaruh Di Medsos

Jumat, 31 Desember 2021 08:41 WIB
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) saat makan bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Istimewa)
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) saat makan bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Istimewa)

 Sebelumnya 
Gubernur Paling Berpengaruh
Lima posisi teratas Gubernur Paling Berpengaruh 2021, menurut Rustika, masih ditempati oleh figur yang sama dengan Gubernur Terpegah. Anies Baswedan menempati posisi pertama dengan 252.148 pernyataan. Ganjar Pranowo menguntit di belakang dengan  234.991 pernyataan. Ridwan Kamil yang berada di posisi ketiga, dengan jumlah pernyataannya dimuat media online selama satu tahun mencapai 181.248.  Sementara, total pernyataan Khofifah yang diekspose media mencapai  140.294.

Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria menempati posisi kelima dengan 136.302 pernyataan. Peringkat keenam hingga sepuluh masing-masing ditempati Herman Deru dengan 77.622 pernyataan, Edy Rahmayadi 69.914 pernyataan, Andi Sudirman Sulaiman 61.030 pernyataan, Ansar Ahmad 58.678 pernyataan, dan Syamsuar 54.078 pernyataan.

Terpegah di Media Sosial
Kiprah para gubernur di dunia maya pun mendapat penilaian Indonesia Indicator (I2). Perusahaan Intelijen Media ini menobatkan 10 figur menjadi Gubernur Terpegah dan Paling Berpengaruh di Media Sosial. Nama Anies Baswedan kembali memuncaki tangga 10 Gubernur Terpegah di medsos dengan  5.363.761 unggahan.

Baca juga : I2: Gibran Wali Kota Terpegah, Bima Arya Wali Kota Paling Berpengaruh 2021

“Gubernur Jakarta sering mengadakan sidak PPKM ke perusahaan-perusahaan. Anies banyak dikritik terkait Formula E di Jakarta. Sejak Maret 2021, Anies mulai banyak diperbincangkan terkait pencalonan Pilpres 2024. Beberapa survei menunjukkan Anies memiliki elektabilitas tertinggi di antara calon yang digadang lainnya,” ungkap Rustika.

Ridwan Kamil berada diposisi kedua Gubernur Terpegah di Medsos dengan  2.191.310 unggahan. “Ridwan Kamil disebut sebagai salah satu gubernur yang paling efektif menangani pandemi oleh media Australia. Sering menjadi pembicara dan melakukan obrolan dengan masyarakat. Banyak diperbincangkan terkait arsitektur masjid yang dirancang dan di postingan sang istri,”  kata Rustika.

Posisi ketiga ditempati Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 1.885.125 unggahan. Menurut Rustika, Ganjar Pranowo banyak disorot terkait peningkatan kasus Covid-19 di Jawa Tengah pada pertengahan tahun. Selain itu, Ganjar terus mendorong vaksinasi di Jawa Tengah. Yang menarik, kata dia, Netizen banyak berkomentar dan berspekulasi tentang peluang Ganjar pada Pilpres 2024, terutama dikaitkan dengan partai yang menaunginya, PDIP.

Baca juga : 3 Pria Nyuri Abu Influencer Buat Dijadikan Pengantin Hantu

Peringkat keempat ditempati Khofifah Indar Parawansa dengan 250.338 unggahan. Figur Khofifah banyak di perbicangkan terkait UMKM. Selain itu, Pemprov Jatim juga bekerja sama dengan Shopee untuk memajukan UMKM. Khofifah juga disorot terkait manipulasi data Covid-19 di Jawa Timur dan kasus kerumunan ulang tahun.  Posisi kelima ditempati Wakil Gubernur Jatim Emil Dardak dengan  73.971 unggahan.

Gubernur Papua Lucas Enembe berada di peringkat keenam dengan 50.374 unggahan. Menurut Rustika, PON XX di Papua menjadikan Lucas Enembe sering diberitakan terkait persiapan dan penyelenggaraan PON. Meski pada awal tahun sempat muncul isu negative di Twitter terkait dengan dugaan dana Otsus Papua serta pelanggaran imigrasi di Papua Nugini.

Peringkat ketujuh hingga sepuluh masing-masing ditempati Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dengan 496.726 unggahan. Gubernur DI Yogyakarta Hamengkubuwono X dengan 44.742 unggahan, Gubernur Sumatra Barat Mahyeldi 38.033 unggahan dan Wakil Gubernur DKI Ahmad Riza Patria 37.095 unggahan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.