Dewan Pers

Dark/Light Mode

Survei TBRC, Kepercayaan Masyarakat Terhadap Polri 86,2 Persen

Jumat, 14 Januari 2022 21:53 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Divhumas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo. (Foto: Divhumas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Polri sangat tinggi. Berdasarkan catatan Timur Barat Research Center (TBRC), Polri mendapat angka 86,2 persen, di atas Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang hanya 60,2 persen. Polri hanya berbeda tipis dengan TNI yang mendapat angka 88,7 persen.

"Sementara tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Presiden sebesar 92,7 persen," ujar Direktur Eksekutive TBRC, Yohanes Romeo kepada wartawan, Jumat (14/1).

Berita Terkait : Kontribusi Pengusaha Perempuan Terhadap PDB Indonesia Capai 9,1 Persen

Survei turut merekam soal tingkat kepuasan publik terhadap kinerja pemerintahan. Hasilnya, sebanyak 88,2 persen responden merasa sangat puas dengan kinerja pemerintahan Joko Widodo-Maruf Amin.

"Sebanyak 9,3 persen tidak puas dan kecewa. Sementara sebanyak 2,5 persen tidak memberikan penilaian," sambungnya.

Berita Terkait : Pegadaian Sigap Bantu Masyarakat Terdampak Banjir Di Aceh Dan Jayapura

Selain itu, survei juga mengukur tingkat kepuasan publik terhadap program strategis pemerintah saat pandemi Covid-19 selama dua tahun. Hasilnya, sebanyak 87,8 persen masyarakat puas dengan pemulihan ekonomi nasional.

Kemudian, sebanyak 67,8 persen puas dengan penanganan dan pencegahan Covid-19. Sementara yang puas dengan pemberian bansos ada sebesar 76,8 persen.

Berita Terkait : Survei BI: Optimisme Konsumen Terhadap Ekonomi Meningkat

Survei dilakukan pada 24 Desember 2021 hingga 8 Januari 2022 dengan jumlah responden 1.820 orang. Teknik penetapan sampel dilakukan dengan cara multistage random sampling. Adapun margin of error dalam survei ini sebesar 2,3 persen dan tingkat kepercayaan sebesar 95 persen. [OKT]