Dark/Light Mode

Metaverse, Ancaman Dunia Sosial Kita?

Kamis, 20 Januari 2022 15:15 WIB
Dr. Tantan Hermansah
Dr. Tantan Hermansah

RM.id  Rakyat Merdeka - Pidato pendiri sekaligus CEO Facebook Mark Zuckerberg yang dibawakan selama 1 jam 17 menit tentang “Metaverse” menghanyutkan masyarakat dunia.

Hal ini bisa dilihat pada beragam respons atas pidato tersebut. Sehingga kita semua bisa memberikan penilaian bahwa pidato tersebut bisa dikatakan menjadi salah satu pidato yang paling berpengaruh abad ini.

Baca juga : Dewas: Masih Ada Satu Laporan Dugaan Etik Lili Pintauli

Apa yang disampaikan Mark kemudian menjadi perbincangan publik dari berbagai kalangan, tanpa terbatasi negara, bahasa, budaya dan bahkan agama dan kepercayaan. Artinya yang disampaikan Mark ini mampu melampaui segala sekat yang selama ini menjadi pembatas.

Bisa jadi pesan yang ingin disampaikannya memang seperti ini. Sebuah tawaran dunia baru, metaverse, yang dimaknai sebagai dunia yang sebenarnya secara symptomatic telah mengaharubirui kita selama beberapa tahun belakangan. Metaverse menjadi seperti semacam puncak tujuan akhir dari apa yang sudah dibangun Mark selama ini.

Baca juga : Dunia Alami Lonjakan Kita Harus Waspada

Metaverse menawarkan satu dunia baru tempat interaksi manusia. Pada dunia baru ini, kita, sebagai manusia dijanjikan bisa berperilaku layaknya seperti kehidupan di dunia saat ini. Tentu saja kemampuan ini tetap melalui medium virtual berbasis internet.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.