Dark/Light Mode

Metaverse, Ancaman Dunia Sosial Kita?

Kamis, 20 Januari 2022 15:15 WIB
Dr. Tantan Hermansah
Dr. Tantan Hermansah

 Sebelumnya 
Fisik seseorang adalah subyek yang juga menjadi penciri utama di dunia sosial, atau dunia di mana banyak penghuninya menghadirkan beragam identitas, ekspresi, karakter dan sebagainya. Fisik itu juga yang kemudian menjadi penanda kehadiran dan perannya dalam dunia sosial manusia.

Interaksi, yang di dalam model pola dan modelnya di-support oleh keragaman manusia dalam beragam dimensinya yang kompleks, merupakan proses natural yang melekat pada karakter bawaan manusia itu sendiri. Maka dari sinilah kemudian manusia disebut sebagai mahluk sosial, yang salah satu ikatannya adalah adanya kepercayaan antara pribadi maupun kelompok.

Baca juga : Dewas: Masih Ada Satu Laporan Dugaan Etik Lili Pintauli

Kepercayaan merupakan fondasi setiap ikatan-ikatan tersebut. Kepercayaan itu juga yang kemudian menghasilkan kualitas relasional dalam suatu kelompok atau komunitas.

Kepercayaan memang merupakan sesuatu yang abstrak. Sehingga ketika ketidakpercayaan itu bisa diminimalisir, maka masyarakat kemudian mentransformasikan kepercayaan tersebut pada satu lembaga/ institusi. Lembaga itu yang kemudian membuat berbagai aturan untuk mengelola permasalahan tersebut, yang akhirnya membentuk sistem sosial.

Baca juga : Dunia Alami Lonjakan Kita Harus Waspada

Contoh, ketidakpercayaan kita pada orang lain dalam memegang uang, maka ditransformasi pada institusi bank. Bank merupakan institusi yang di dalamnya ada akumulasi kepercayaan, dalam hal ini pengelolaan uang masyarakat. Begitu juga hal lainnya, mulai dari institusi sekolah atau lembaga pendidikan, sampai kepada institusi negara, semua berpijak pada kepercayaan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.