Dark/Light Mode

Diisukan Jadi Kepala DKI Nusantara

Risma Nggak Kepedean

Senin, 24 Januari 2022 08:49 WIB
Menteri Sosial Tri Rismaharini (Foto: Kemensos)
Menteri Sosial Tri Rismaharini (Foto: Kemensos)

 Sebelumnya 
Saat kembali didesak wartawan untuk menjawab kesiapan jika ditunjuk, Risma bilang, hal ini bukan sekadar soal kesiapan. "Bukan soal siap. Orang saya nggak tahu kok," jawabnya, sambil tertawa.

Sejumlah nama memang disebut-sebut sebagai calon Kepala DKI Nusantara. Selain Risma, ada Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil atau Kang Emil. Sebelum terjun menjadi politisi, Emil memang bekerja sebagai arsitek. Karya arsiteknya tersebar di beberapa daerah di Indonesia, bahkan sampai ke Eropa. 

Selain bangunan, Emil juga terlibat dalam perancangan kota mandiri, dan Museum Tsunami Aceh. Kemudian Marina Bay Waterfront di Singapura dan Ningbo Newtown, China, sebuah rancangan kota baru dan dianggap sebagai salah satu kota masa depan.

Baca juga : Basuki: Belum Dimulai, Anggarannya Belum Ada

Soal isu ini, Emil juga tak mau berandai-andai. "Belum pasti saya juga. Saya baru baca tadi malam. Kriteria kepala daerah arsitek kan nggak hanya saya," kata mantan Wali Kota Bandung ini, pekan lalu. 

Menurut dia, siapa pun yang terpilih harus maksimal membangun ibu kota yang diputuskan pindah ke Kalimantan. "Jadi, saya tidak mau geer dan tidak mau berandai-andai. Takut salah," ujarnya.

Nama lain yang disebut-sebut sebagai calon Kepala DKI Nusantara adalah eks Kepala Bappenas Bambang Brodjonegoro dan eks Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok. Ada juga mantan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, dan mantan Direktur Utama Wijaya Karya (WIKA) Tumiyana.

Baca juga : Ketum Pandawa Nusantara Minta Mahasiswa Tetap Kritis

Di jagat maya, topik soal kepala IKN ini menjadi perbincangan hangat. Ada yang setuju kalau Risma menjadi Kepala IKN. Seperti diungkap akun @adiopriyono95. "Kans Ibu Risma besar jadi Kepala Otorita IKN. Amin," ucapnya. 

Sementara, akun @ududjuara justru mendukung Ridwan Kamil. "Sangat-sangat mumpuni dan pantas," serunya. 

Akun @albiannugraha ikut menimpali. "Kalau Ridwan Kamil jadi, pastinya IKN hasilnya bakalan sangat membanggakan," ujarnya. [BCG]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.