Dark/Light Mode

Jenderal Maruli Dilantik Jadi Pangkostrad Akhir Bulan Ini

Selasa, 25 Januari 2022 19:59 WIB
Pangkostrad Mayjen Maruli Simanjuntak. (Foto: ist)
Pangkostrad Mayjen Maruli Simanjuntak. (Foto: ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Mayjen Maruli Simanjuntak akan dilantik jadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad), Senin (31/1).

Hal itu disampaikan Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal Dudung Abdurachman usai memimpin Apel Gelar Pasukan jajaran TNI AD wilayah Jabodetabek di Lapangan Monas, Jakarta Pusat, Selasa, (25/1). 

"Pelantikan Pangkostrad akan dilakukan bersamaan dengan Pangdam IX/Udayana dan pangdam lainnya. Direncanakan pelantikannya pada hari Senin (31/1)," kata Dudung. 

Baca juga : Jejak Maruli Memang Top

Para Pangdam yang akan dilantik, antara lain Pangdam XVIII/Kasuari Mayjen I Nyoman Cantiasa yang menjabat Pangkogabwilhan III, Pangdam III/Siliwangi Mayjen Agus Subiyanto yang menjabat Wakasad, Pangdam XVII Cenderawasih Mayjen Ignatius Yogo yang menjabat Dankodiklatad, dan Pangdam IX Udayana Mayjen Maruli Simanjuntak sebagai Pangkostrad.

Untuk diketahui, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa melakukan mutasi dan promosi jabatan terhadap 328 perwira tinggi (pati) TNI, salah satunya Mayjen Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Maruli Simanjuntak sebagai Pangkostrad.

Mutasi itu tertuang dalam keputusan Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI yang ditandatangani Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa.

Baca juga : Maruli Simanjuntak, Mantan Atlet Judo SEA Games 1995 Yang Kini Jadi Pangkostrad

 Dalam surat keputusan ini, tercatat 328 pati TNI yang mendapatkan jabatan baru tersebut, dan 28 orang di antaranya masuk ke dalam jabatan satuan-satuan baru TNI. Panglima TNI menegaskan bahwa penunjukan Mayjen TNI Maruli Simanjutak sebagai Pangkostrad berdasarkan penilaian profesional sehingga layak menjabat posisi tersebut.

“Jadi, penunjukan Maruli benar-benar sesuai dengan penilaian secara profesional dan memang sangat pantas menjadi Pangkostrad," kata Panglima TNI Jenderal TNI Andika usai menghadiri Rapat Kerja (Raker) Komisi I DPR di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (24/1).

Ia menyebutkan banyak prajurit TNI AD yang berpangkat mayor jenderal (mayjen) berpotensi menjadi jenderal bintang tiga (letnan jenderal). Oleh karena itu, menurut dia, kinerja prajurit TNI selama menjabat Pangdam menjadi salah satu penilaian.

Baca juga : Mantu Luhut Yang Jadi Pangkostrad Nggak Punya Mobil, Hartanya Rp 51,65 M

 "Jabatan pangdam itu sebenarnya adalah salah satu aspek penilaian apakah saat menjabat ada sesuatu yang kemudian membuat yang bersangkutan layak (menjadi Pangkostrad)," ujarnya. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.