Dark/Light Mode

Maruli Simanjuntak, Mantan Atlet Judo SEA Games 1995 Yang Kini Jadi Pangkostrad

Sabtu, 22 Januari 2022 11:29 WIB
Pangkostrad Mayjen TNI Maruli Simanjuntak (Foto: Istimewa)
Pangkostrad Mayjen TNI Maruli Simanjuntak (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Letnan Jenderal TNI Maruli Simanjuntak, M.Sc telah resmi ditunjuk menjadi Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

Sesuai Keputusan Nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan TNI, yang ditandatangani Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa. 

Dengan pengangkatan ini, Maruli akan naik satu bintang menjadi Letnan Jenderal (Letjen).

Baca juga : Mantu Hendro Angkat Mantu Luhut Jadi Pangkostrad

Maruli yang merupakan lulusan Akademi Militer 1992 , memiliki jam terbang yang cukup tinggi dalam bidang Infanteri (Kopassus) dan Detasemen Tempur Cakra.

Dia pernah menjabat Wakil Komandan Pasukan Pengamanan Presiden/Wadanpaspampres (2017—2018), Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) IV/Diponegoro (2018), Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres)(2018—2020), dan Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) IX/Udayana (2020—2022).

Menantu Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan ini lahir di Bandung, 27 Februari 1970.

Baca juga : Kapolri Minta Jajaran Kebut Vaksinasi Di Daerah Yang Masih Di Bawah 70 Persen

Dari pernikahannya dengan Paulina Panjaitan, Maruli dikaruniai dua anak.

Maruli yang juga mantan atlet judo Indonesia di SEA Games 1995, merupakan Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PB PJSI) periode 2021-2026. Dia terpilih secara aklamasi melalui Musyawarah Nasional ke-19. Menggantikan Ketua Umum PB PJSI periode 2016-2021 Jenderal TNI (Purn) Mulyono.

Dia bertekad meningkatkan pamor judo Indonesia di mata dunia, dengan mengirimkan wakil Merah Putih lolos kualifikasi Olimpiade 2024 Paris. Serta meningkatkan kualitas pelatih dan wasit. [HES]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.