Dark/Light Mode

Jaga Kekayaan Desa Adat di Bali, Kapolri Kukuhkan Bankamda dan Sipandu Beradat

Jumat, 28 Januari 2022 15:48 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengukuhkan Bantuan Keamanan Desa Adat (Bankamda) dan forum Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu Berbasis Desa Adat (Sipandu Beradat), di Bali, Jumat (28/1). (Foto: Divhumas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengukuhkan Bantuan Keamanan Desa Adat (Bankamda) dan forum Sistem Pengamanan Lingkungan Terpadu Berbasis Desa Adat (Sipandu Beradat), di Bali, Jumat (28/1). (Foto: Divhumas Polri)

 Sebelumnya 
Mantan Kapolda Banten tersebut juga menuturkan, desa adat juga menjadi leading sector proses pertumbuhan perekonomian di tingkat hulu. Demi menciptakan hal itu, diperlukan adanya stabilitas keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Dan kita semua tahu bahwa desa adat merupakan basis ekonomi di tingkat hulu yang tentunya ini semua harus bisa berjalan dengan lancar. Itu semua bisa terjadi apabila stabilitas kamtibmas di desa adat dapat berjalan dengan baik," ucap eks Kabareskrim Polri itu.

Baca juga : Pertamina Dan Samator Siap Perebutkan Juara Putaran Pertama

Sigit juga menyampaikan, adanya Bankamda dan Sipandu Beradat ini bisa dijadikan percontohan di wilayah-wilayah lainnya yang juga memiliki kekayaan adat istiadat serta kearifan lokal.

"Yang tentunya ini menjadi kekuatan baru untuk kita kembangkan dalam rangka jaga stabilitas kamtibmas," tutur Sigit.

Baca juga : Tangkal Omicron, Kapolri Tekankan Disiplin Prokes Dan Vaksinasi Booster

Kekayaan adat, merupakan modal untuk menumbuhkan perekonomian Indonesia dan bersatu padu dalam rangka penanganan dan pengendalian Pandemi Covid-19. "Jadi itu semua merupakan satu rangkaian, sistem dan satu kesatuan yang tentunya harus kita jaga bersama dan harus berjalan dengan baik," paparnya.

Apalagi, Bali akan menjadi tuan rumah perhelatan event nasional maupun internasional. Salah satunya, Presidensi G20. Karena itu, diharapkan tidak ada gangguan ataupun masalah sekecil apa pun di Pulau Dewata.

Baca juga : Disidang Pekan Depan, Andi Merya Nur Dipindahkan Ke Lapas Perempuan Kendari

"Oleh karena itu bagaimana kemudian sinergitas antara kekuatan keamanan adat bergabung dengan kekuatan keamanan nasional untuk menjaga dan mengamankan agar stabilitas kamtibmas terjaga. Dan rangkaian kegiatan event-event internasional serta G20 berjalan dengan baik," tutup Sigit. [OKT]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.