Dark/Light Mode

Survei PWS: Prabowo Subianto Di Puncak Elektabilitas, Anies-Ganjar Ngekor

Jumat, 4 Februari 2022 14:34 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

 Sebelumnya 
Disusul, Puan Maharani 81,6 (persen), AHY mendapatkan (78,2 persen), Mahfud MD mendapat (71,7 persen). Selanjutnya Moeldoko dan Erick Thohir yang sama-sama mendapat 62,2 persen. Lalu disusul oleh Gatot Nurmantyo sebesar (54,5 persen), Muhaimin Iskandar dapat (52,7 persen), Airlangga Hartarto 50,3 (persen), dan La Nyalla mendapat (35,5 persen).

"Data ini memperlihatkan bahwa tokoh-tokoh yang pernah ikut kontestasi Pilpres maupun Pilkada seperti Prabowo Subianto, Anies Baswedan, Sandiaga Uno, Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo, serta Ahok cenderung memiliki tingkat popularitas yang lebih tinggi daripada tokoh-tokoh yang belum pernah mengikuti kontestasi," paparnya.

Kemudian, lembaga riset PWS juga mengukur tingkat akseptabilitas. Faktor ini adalah untuk mengukur seberapa suka (likeability) responden terhadap nama-nama yang disodorkan, dan didapati nama Prabowo Subianto masih berada di ranking teratas dengan 71,8 persen. 

Baca juga : Survei JSPI: Prabowo, Ganjar, Anies Masih 3 Besar Elektabilitas Tertinggi

Kemudian disusul Sandiaga Uno sebesar 70,5 persen. Dua tokoh ini masih unggul karena pernah terlibat langsung di dalam kontestasi pemilu sebelumnya.

"Dalam hal tingkat akseptabilitas atau tingkat penerimaan publik, tokoh-tokoh yang populer karena pernah ikut kontestasi Pilpres atau Pilkada cenderung memiliki peluang lebih besar untuk diterima atau disukai publik luas," papar Tadzi.

Di bawah Prabowo dan Sandi ada Anies Baswedan (69,2 persen), kemudian disusul Ganjar Pranowo (68,9 persen), lalu Ridwan Kamil (66,8 persen), Ahok (50,7 persen), dan Erick Thohir (47,2 persen).

Baca juga : Prabowo-Ganjar Tak Terkejar, Anies-Emil Bersaing Ketat

Kemudian Moeldoko (39,9 persen), AHY (39,2 persen), Gatot Nurmantyo (29,2 persen), Mahfud MD (26,8 persen), Airlangga Hartarto (20,2 persen), Muhaimin Iskandar (18,3 persen), Puan Maharani (17,8 persen) dan La Nyalla (16,6 persen).

Riset PWS ini dilakukan pada 13 sampai 23 Januari 2022 di 34 (tiga puluh empat) provinsi di seluruh Indonesia. Jumlah sampel dalam survei PWS kali ini sebesar 1.421 responden yang diperoleh melalui teknik pencuplikan secara rambang berjenjang (multi-stage random sampling).

Batas kesalahan (margin of error) +/- 2,6 persen dengan tingkat kepercayaan (level of confidence) sebesar 95 persen. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara tatap muka dengan responden dengan bantuan aplikasi google form.

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.