Dark/Light Mode

Survei PWS: Prabowo Subianto Di Puncak Elektabilitas, Anies-Ganjar Ngekor

Jumat, 4 Februari 2022 14:34 WIB
Foto: Ist.
Foto: Ist.

RM.id  Rakyat Merdeka - Lembaga riset Political Weather Station (PWS) hari ini menyampaikan hasil survei soal potret perspektif publik terhadap para nama tokoh nasional yang masuk dalam radar bakal calon Presiden dan Wakil Presiden untuk Pemilu 2024 mendatang.  

Dari faktor elektabilitas, mayoritas responden memilih nama Menteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto. Tokoh nasional yang juga merupakan Ketua Umum DPP Partai Gerindra tersebut mendapatkan 22,9 persen.

Kemudian di bawahnya, ada nama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan yang mendapat 19,9 persen, dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebanyak 19,8 persen.

Baca juga : Survei JSPI: Prabowo, Ganjar, Anies Masih 3 Besar Elektabilitas Tertinggi

"Nama Prabowo Subianto di puncak elektabilitas relatif belum tergoyahkan sejak lembaga-lembaga survei mainstream merilis hasil survei capres sejak setahun yang lalu," ujar peneliti senior PWS, Mohammad Tadzi dalam rilisnya, Jumat (4/2).

Menurutnya, salah satu penyebab bertahannya Prabowo di puncak elektabilitas adalah lantaran dia menduduki posisi Menteri Pertahanan dan dianggap memiliki rekam jejak kinerja yang lebih baik. Posisi ini juga memberikan nilai lebih terhadap Prabowo Subianto dibadingkan Ketua Umum partai politik lainnya.

"Dibanding nama ketua umum partai politik lainnya, nama Prabowo sejauh ini memang nampak paling menonjol," imbuhnya.

Baca juga : Prabowo-Ganjar Tak Terkejar, Anies-Emil Bersaing Ketat

Beberapa nama tokoh lain juga masuk ke dalam radar survei ini adalah Menparekraf Sandiaga Uno yang mendapatkan 8,7 persen dan Gubernur Jawa Barat Moammad Ridwan Kamil yang mendapat 7,5 persen. Disusul, Komisaris Utama PT Pertamina Persero Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok yang mendapat 4,1 persen.

Selanjutnya Menteri BUMN Erick Thohir (2,7 persen) Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) (2,5 persen), Kepala KSP Moeldoko (2,4 persen), mantan Panglima TNI Garot Nurmantyo (1,5 persen), dan Menko Polhukam Mahfud MD (1,2 persen). 

Lalu di bawah mereka empat nama tokoh yang berada di bawah 1 persen, yakni Menko Perekonomian sekaligus Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto (0,9 persen), Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar (0,7 persen), lalu Ketua DPD La Nyalla Mattalitti sebesar (0,6 persen ) dan ketua DPR Puan Maharani yang hanya mendapat (0,3 persen). 

Baca juga : Pengamat: Serangan PSI Dongkrak Elektabilitas Anies

Selain elektabilitas, PWS juga mengukur seberapa besar tingkat keterkenalan para tokoh tersebut di mata masyarakat. Lagi-lagi, nama Prabowo Subianto masih berada di posisi teratas dengan perolehan 94,2 persen.

Kemudian disusul oleh Anies Baswedan dan Sandiaga Uno yang masih bersaing ketat dengan masing-masing 92,9 persen. Mengekor keduanya, ada Ganjar Pranowo dengan 89,8 persen, Ridwan Kamil dengan 87,8 persen, dan Ahok dengan 84,5 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.