Dark/Light Mode

Klaster Kepala Daerah, Elektabilitas Anies Ungguli Ganjar

Minggu, 19 Desember 2021 16:58 WIB
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Ist)
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Ist)

RM.id  Rakyat Merdeka - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menempati posisi teratas sebagai figur calon presiden (capres) 2024 dari klaster kepala daerah berdasarkan hasil survei Lembaga KedaiKOPI.

Anies Baswedan menjadi pemilik elektabilitas calon presiden tertinggi dengan angka 37,4 persen. Di belakang Anies, menyusul Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 34,5 persen.

Kemudian, disusul Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 13,8 persen. Sementara di urutan keempat ada nama Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa yang meraih angka 7,3 persen. 

Baca juga : Survei KedaiKOPI, Elektabilitas Prabowo-Ganjar Saling Salip

Anies, juga dianggap sebagai kepala daerah yang paling berhasil menangani Covid-19. Anies meraih 28,1 persen, disusul Ganjar Pranowo di posisi kedua dengan 25,7 persen. Di belakang keduanya, ada Ridwan Kamil dengan 20,2 persen, dan Khofifah Indar Parawansa dengan 16,1 persen.

Untuk bidang transportasi umum, Anies juga unggul dengan 38,9 persen. Disusul Ganjar dengan 21,9 persen, Ridwan Kamil 15,7 persen, dan Khofifah Indar Parawansa 14,0 persen.

Bidang kesehatan, Anies juga jadi jawara dengan 38,9 persen. Disusul Ganjar dengan 21,9 persen, Ridwan Kamil 15,7 persen, dan Khofifah Indar Parawansa 14,0 persen.

Baca juga : Prestasi Ekonomi Kinclong, Elektabilitas Airlangga Nanjak Terus

Begitupun dengan bidang pendidikan. Anies menempati posisi pertama dengan 28,5 persen. Disusul Ganjar Pranowo dengan 26,2 persen, Ridwan Kamil dengan 20,7 persen, dan Khofifah Indar Parawansa 15,5 persen.

Tapi di bidang penciptaan lapangan kerja, Anies kalah dari Ganjar. Ganjar meraih 27 persen. Sementara Anies di posisi kedua dengan 23,7 persen. Posisi ketiga dan keempat masih ditempati Ridwan Kamil dengan 21,4 persen, dan Khofifah Indar Parawansa 14,7 persen.

Di bidang penanggulangan kemiskinan, Ganjar juga mengungguli Anies. Ganjar meraih 32,4 persen, menjadikannya berada di peringkat pertama. Sementara Anies harus puas di posisi ketiga dengan 19,8 persen. Posisi dua ditempati Ridwan Kamil dengan 23,2 persen. Dan posisi empat tetap ditempati Khofifah Indar Parawansa dengan 16,4 persen.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.