Dark/Light Mode

KKP Kubur Paus Sepanjang 4 Meter Terdampar Di Perairan Lombok Barat

Sabtu, 5 Februari 2022 17:44 WIB
Paus sepanjang 4 meter yang terdampar mati dan dikuburkan di Perairan Lombok Barat. (Foto: Dok. KKP)
Paus sepanjang 4 meter yang terdampar mati dan dikuburkan di Perairan Lombok Barat. (Foto: Dok. KKP)

 Sebelumnya 
Yudi menambahkan, tim melakukan pengamatan fisik karkas paus yang sudah mulai membusuk tingkat lanjut. Ukuran paus kurang lebih 4 meter, jenis kelamin jantan, kulit badan mulai sobek dan mengeluarkan cairan-cairan tubuh.

Dari ciri-ciri yang terlihat, diduga kuat paus ini merupakan jenis Paus Bryde (Balaenoptera brydei). Adapun ciri-ciri paus tersebut yaitu terdapat tiga galir di atas kepala, sirip dada kecil, panjang 4-5 meter.

Baca juga : Kasus Suap PPU, KPK Terus Dalami Dugaan Aliran Dana Ke Partai Demokrat

 “Mengingat ukuran paus yang besar, tim kemudian memotong badan paus menjadi dua bagian sehingga lebih mudah diangkat dan dikuburkan di lokasi terdekat. Paus dikubur di tempat yang aman dari air laut pasang dan abrasi," ujar Yudi.

Sementara itu Plt. Direktur Jenderal Pengelolaan Ruang Laut Pamuji Lestari dalam keterangannya di Jakarta menyampaikan bahwa petunjuk telah diberikan kepada tim teknis di lapangan untuk segera menangani jika terjadi mamalia laut terdampar karena menjadi salah satu tugas yang harus dijalankan sesuai mandat aturan yang berlaku.

Baca juga : Mau Perpanjang SIM Di Jakarta? Yuk, Datang Ke Lokasi Ini

“Paus merupakan salah satu biota laut dilindungi penuh oleh negara berdasarkan PP Nomor 7 Tahun 1999 tentang Pengawetan Jenis Tumbuhan dan Satwa dan Kepmen KP No. 79/KEPMEN-KP/2018 tentang Rencana Aksi Nasional Konservasi Mamalia Laut,” ujar Tari.

Sejalan dengan kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono dalam pengelolaan kawasan dan jenis ikan yang menekankan agar KKP dan masyarakat bersinergi dalam memberikan respon yang cepat dan tepat khususnya dalam menangani mamalia laut terdampar.

Baca juga : Kata KPK, Pengembalian Uang Ketua DPRD Bekasi Tak Pengaruhi Pembuktian Suap

"Hal ini penting mengingat luasnya wilayah perairan Indonesia sebagai negara kepulauan yang besar," ujar Tari. [SRI]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.