Dark/Light Mode

Mensos Paparkan Prosedur Pengajuan Sabam Sirait Jadi Pahlawan Nasional

Selasa, 8 Februari 2022 21:02 WIB
Seminar Nasional Pengusulan Sabam Sirait Menjadi Pahlawan Nasional RI Tahun 2022, yang digelar di Gedung Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan, Selasa (8/2)) siang. (Foto: Ist)
Seminar Nasional Pengusulan Sabam Sirait Menjadi Pahlawan Nasional RI Tahun 2022, yang digelar di Gedung Auditorium Fakultas Kedokteran Universitas HKBP Nommensen Medan, Selasa (8/2)) siang. (Foto: Ist)

 Sebelumnya 
Hadir dalam seminar itu Ketua Umum Panitia Pengusulan Sabam Sirait Menjadi Pahlawan Nasional RI Tahun 2022 RE Nainggolan, Rektor Universitas HKBP Nommensen Medan Haposan Siallagan, Sejarawan Asvi Warman Adam, Pusat Riset Politik BRIN Prof Dr Suprayitno, Dr Warjio, Prof Dr Robert Sibarani, J. Anto, dan John Eron Lumban Gaol.

Dari pihak pemerintah hadir Direktur Kepahlawanan, Keperintisan, Kesetiakawanan, dan Restorasi Sosial Nurharjani mewakili Mensos Risma.

Selain itu, hadir Kepala Kesbang Prov Sumut Safruddin dan tokoh agama seperti dari Majelis Ulama Indonesia (MUI) Medan.

Edy mengatakan, pada tahun 1965, sehari setelah kudeta 30 September, Sabam Sirait diundang untuk membahas penumpasan Partai Komunis Indonesia (PKI).

Baca juga : KPK Dalami Mekanisme Dan Proses Produksi Pengolahan Anoda Lodam Di PT Antam

Kemudian, permasalahan Palestina dan Israel, Sabam secara terbuka mendukung Palestina dan mengkritik Israel karena sering sering melakukan pelecehan terhadap Palestina.

"Sabam Sirait menilai penderitaan rakyat Palestina harus dirasakan oleh seluruh rakyat Indonesia dan umat Kristiani. Sejak 2007, Sabam telah menghadiri berbagai demonstrasi untuk mendukung perjuangan Palestina," terang Edi.

Saat ini, sudah ada 13 Pahlawan Nasional dari Sumut. Di antaranya, Sisingamangaraja XII, Teuku M Hasan, FL Tobing, Adam Malik, DI Panjaitan, Zainul Arifin, TB Simatupang, dan Raflan Pane. Sabam Sirait akan menjadi Pahlawan Nasional ke-14 dari Sumut.

"Atas nama Pemprov Sumut saya mengucapkan terima kasih kepada panitia yang memprakarsai pengajuan nama Sabam Sirait sebagai pahlawan Nasional," ucapnya.

Baca juga : 38.073 Warga Jakarta Dihukum Kerja Sosial

Edi pun menginstruksikan seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemprov DKI dapat memfasilitasi usulan Pahlawan Nasional kepada Sabam Sirait dengan sebaik-baiknya. Selain itu, melakukan kajian secara menyeluruh sehingga dapat diteruskan kepada Kemensos dan TP2GP

"Harapan saya semua pihak yang terlibat dalam pengajuan Sabam Sirait untuk diusulkan menjadi pahlawan nasional tahun 2022 kiranya saling bahu membahu agar tujuan ini tidak berhenti di tengah jalan," pintanya.

Pemprov Sumut, kata Edy, memberikan penghargaan yang tinggi atas perjuangan dan jasa Sabam Sirait. "Saya berharap semua yang hadir dalam seminar berkontribusi bagi kelengkapan informasi tentang peranan, arti penting, dan riwayat perjuangan Sabam Sirait dalam menjaga NKRI," tandas Edi.

Sementara Wali Kota Medan Bobby Nasution menyambut baik seminar nasional pengusulan Sabam Sirait menjadi pahlawan nasional. Integritas dan konsistensi Sabam menegakkan demokrasi di Indonesia, dinilainya tak perlu diragukan lagi.

Baca juga : Terapkan Prokes Ketat, Layanan Keimigrasian Jakarta Tetap Buka

"Kita mengetahui sejarah perjuangan Sabam Gunung P Sirait yang lahir di T Balai yang senantiasa konsisten, memiliki integritas dan konsisten menegakkan demokrasi di Indonesia," kata Bobby yang hadir secara virtual.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.