Dark/Light Mode

Perhatian Ke Atlet

Ridwan Kamil Kantongi Penghargaan Dari PWI

Rabu, 9 Februari 2022 10:20 WIB
Mewakili Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Pemprov Jabar Faiz Rahman menerima penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Secara simbolis, penghargaan diberikan oleh menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dalam rangkaian acara Hari Pers Nasional (HPN), Di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (8/9),. (Foto: Humas Pemprov Jabar)
Mewakili Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Kepala Bidang Informasi Komunikasi Publik Pemprov Jabar Faiz Rahman menerima penghargaan dari Persatuan Wartawan Indonesia (PWI). Secara simbolis, penghargaan diberikan oleh menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali dalam rangkaian acara Hari Pers Nasional (HPN), Di Kendari, Sulawesi Tenggara, Selasa (8/9),. (Foto: Humas Pemprov Jabar)

RM.id  Rakyat Merdeka - Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) melalui Seksi Wartawan Olahraga Indonesia (Siwo) memberi penghargaan kepada Ridwan Kamil yang dinilai memiliki perhatian luar biasa terhadap olahraga.

Ketua umum PWI Pusat Atal S Depari menjelaskan, inisiatif pemberian penghargaan dilakukan melalui berbagai penilaian dari pemberitaan serta penilaian khusus. Mutlak semuanya dilakukan Siwo.

“Untuk penilaian meski Siwo adalah seksi dari PWI tapi PWI tidak sedikitpun melakukan intervensi,” kata Atal kepada Rakyat Merdeka.

Penghargaan yang disabet Ridwan Kamil adalah Inisiator Olahraga 2022. Pemberian berlangsung pada Selasa 8 Februari 2022 di Hotel Plaza Inn, Kendari, Sulawesi tenggara.

Acara tersebut merupakan bagian dari rentetan peringatan Hari Pers Nasional (HPN). Mengingat masih dalam kondisi pandemi Covid­19, maka acara tetap mengikuti aturan protokol kesehatan.

Secara umum, Atal mengetahui latar belakang penghargaan diraih Gubernur Jawa Barat. Dia bilang, penghargaan itu didapat berkat kepedulian Ridwan Kamil terhadap olahraga.

Begitu juga dengan pengabdiannya. Selama ini Ridwan Kamil, tidak pernah mengklaim dirinya sebagai gubernur yang paling peduli olahraga. Namun kepeduliannya dibuktikan lewat capaiannya dan aktivitasnya.

Baca juga : Polri Banyak Meraih Penghargaan Dan Prestasi Dunia

Capaian paling menonjol yaitu saat Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua.

“Prestasi Jawa Barat itu luar biasa di PON. Ridwan Kamil sudah membuktikan keseriusannya di bidang olahraga karena Provinsi Jawa Barat telah menjadi juara umum PON di Papua,” jelas Atal.

Kepedulian Ridwan Kamil di PON juga terlihat jelas ketika Jawa Barat sedang parah­parahnya kesulitan ekonomi karena digempur Covid­-19.

Namun jebolan university of California, Berkeley ini tetap berusaha keras untuk memberikan bonus bagi atlet yang berprestasi di PON.

Ia ingin membuat para atletnya bahagia atas kerja kerasnya. “Nah selain kami lihat dari kepeduliannya juga keberaniannya untuk mengalokasikan anggaran untuk olahraga,” tuturnya.

Atal mengatakan, prestasi yang didapat para atlet di setiap provinsi itu tidak lepas dari kepedulian gubernurnya. Semakin tinggi perhatian maka makin besar pula peluang atletnya untuk menang.

“Maka menurut kami, Gubernur Jawa Barat ini sangat perlu mendapatkan penghargaan atas kontribusi terhadap pembinaan atau perhatian kepada olahraga di daerah atau provinsinya,” kata dia.

Baca juga : PWI Peduli Dan IKWI Salurkan Paket Beras Bervitamin Untuk Santri Penghafal Quran Di Pesantren Apung

Pemimpin Umum Suarakarya. id ini mengatakan, penghargaan ataupun apresiasi dari Siwo sekaligus untuk menjaga semangat para pemimpin yang menang.

Bagi yang belum menang kudu terdorong memberikan perhatian untuk olahraga dengan kreativitasnya di tengah krisis akibat Covid­-19.

“Prestasi atlet di Jawa Barat ini karena tak terpisahkan dari perhatian dan minat Gubernur untuk olahraga,” tegasnya.

Selain peduli terhadap prestasi olahraga di provinsinya, Kang Emil juga peduli terhadap kebugaran diri. Dalam beberapa kesempatan terlihat dirinya asyik berolahraga.

Banyak foto-­foto serta videonya di dunia maya yang menunjukkan dirinya memang hobi olahraga. ada video dirinya bersama Ustad Adi Hidayat yang sedang tanding tenis meja.

Ada juga pernah bertanding bulutangkis bersama Duta Besar Denmark Lara Bo Larsen. Di akun Instagram pribadinya juga ada postingan dimana dirinya sedang joging di tengah aktivitas warga saat pagi hari.

Aktivitas olahraga secara langsung bisa mengingatkan publik tentang pentingnya berolahraga.

Baca juga : Bamsoet Dan Akbar Tanjung Terima Penghargaan Dari KAHMI

“Maka menurut kami Gubernur Jawa Barat ini sangat perlu mendapatkan penghargaan atas kepedulian terhadap olahraga, lalu pembinaan atau perhatian kepada olahraga,” ujar Atal.

Dia menjelaskan, bahwa Siwo merupakan seksi dari PWI yang unik. Secara struktur kepengurusan merupakan bagian dari PWI tapi secara fungsional adalah bagian dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI).

KONI sendiri berada di bawah naungan Kementerian Pemuda dan Olahraga. Sebab itu, Siwo dipercaya untuk mampu menilai Gubernur mana saja yang layak mendapatkan apresiasi penghargaan.

“Pengurus Siwo juga bagian dari pembina olahraga, maka mereka juga bisa menilai dan memberikan apresiasi,” terang Atal.

Wartawan senior ini juga tidak memungkiri bahwa ada juga gu bernur yang tidak peduli terhadap olahraga. tidak pedulinya gubernur ini bahkan ditiru oleh para pemimpin daerahnya yang ikut cuek. Namun Atal tidak menyebut provinsi dan daerahdaerah yang dimaksud.

Atal berharap dengan penghargaan ini, pemenang makin termotivasi dalam memberikan yang terbaik untuk provinsinya. Bahkan untuk kejayaan dan keharuman nama baik Indonesia di mata negara lain melalui olahraga. [TIM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.