Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Ini 3 Strategi Kapolri Antisipasi Lonjakan Covid-19

Rabu, 9 Februari 2022 14:52 WIB
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan kegiatan akselerasi vaksinasi serentak di seluruh wilayah Indonesia, di Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (9/2). (Foto: Divhumas Polri)
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan kegiatan akselerasi vaksinasi serentak di seluruh wilayah Indonesia, di Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (9/2). (Foto: Divhumas Polri)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meninjau pelaksanaan kegiatan akselerasi vaksinasi serentak di seluruh wilayah Indonesia, di Bintan, Kepulauan Riau (Kepri), Rabu (9/2).

Sigit menekankan kepada seluruh jajarannya untuk menyiapkan strategi-strategi khusus untuk mengantisipasi dan menghadapi lonjakan pertumbuhan Covid-19 yang disebabkan oleh varian Omicron.

"Salah satunya, yang paling prioritas, adalah bagaimana kita melakukan akselerasi vaksinasi," kata Sigit saat memberikan arahan secara virtual kepada jajarannya di seluruh wilayah Indonesia.

Baca juga : 3 Strategi Kapolri Antisipasi Lonjakan Covid-19

Vaksinasi kudu dikebut, khususnya, bagi kelompok lanjut usia (lansia). Selain itu, Sigit juga meminta jajarannya mengajak masyarakat yang sudah mendapatkan vaksin dosis dua dan telah memasuki atau melewati enam bulan, untuk segera mendapatkan suntikan booster atau dosis ketiga.

"Kita perlu strategi-strategi, sehingga kita bisa melakukan vaksinasi di wilayah terjauh. Tentunya ini perlu adanya kerja sama, strategi khusus," tutur mantan Kapolda Banten ini.

Strategi berikutnya yang harus dilakukan jajaran korps baju cokelat adalah terus mengingatkan dan mensosialisasikan kepada masyarakat untuk tetap disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes) dalam menjalani aktivitas sehari-hari. "Salah satunya yang paling utama memakai masker," ingat Sigit.

Baca juga : Percepat Herd Immunity, IPDN Jatinangor Gelar Vaksinasi Booster Covid-19

Menurut eks Kabareskrim Polri itu, terjadinya transmisi penularan kerap diakibatkan lantaran ketidakdisiplinan dalam penggunaan masker. Hal itu penting, sambung Sigit, lantaran varian Omicron memiliki tingkat penularan yang lebih cepat.

Tingkat fatalitas Omicron memang lebih rendah dibandingkan varian Delta. Namun, ketika virus ini menulari usia-usia rentan, apalagi belum vaksin dan memiliki komorbid, tetap menimbulkan fatalitas.

"Karena itu, mari kita saling mengingatkan untuk tetap pakai masker. Bila perlu pakai masker double utamanya di tempat yang ada aktivitas kerumunan. Ini untuk menjaga agar masyarakat semua bisa terhindar dari penularan," imbaunya.

Baca juga : Ngecek Ke Kaltim, Kapolri Antisipasi Gangguan Pembangunan IKN

Sementara strategi terakhir, menurut Sigit adalah sinergitas dan soliditas antara Pemerintah Pusat, TNI-Polri Pemerintah Daerah, dan seluruh elemen masyarakat untuk terus bekerja sama dan bahu membahu dalam penanganan dan pengendalian Pandemi Covid-19.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.