Dark/Light Mode

Peduli Petani

Pemuka Adat Riau: Moeldoko Layak Jadi Pemimpin Indonesia

Sabtu, 19 Februari 2022 21:00 WIB
Peduli Petani Pemuka Adat Riau: Moeldoko Layak Jadi Pemimpin Indonesia

RM.id  Rakyat Merdeka - Batin atau Pemuka Adat Riau di Pelalawan, Batin Sineri, Syamsari, menyampaikan terima kasih kepada Kepala Kantor Staf Presiden (KSP) Jenderal TNI (Purn) Moeldoko yang peduli terhadap permasalahan tanah yang terjadi di Riau.

Karena kepedulian Moeldoko itu, ia pun mengatakan bahwa Moeldoko layak menjadi pemimpin di negeri ini.

"Harapan yang juga sesuai dengan harapan bapak Moeldoko yang saat ini kita niatkan menjadi pemimpin tercapai," ujar Syamsari dalam keterangannya, Jumat (18/2).

Baca juga : Mudik Lebaran Tergantung Omicron

"Sosok Moeldoko tegas dan berani. Cocok memimpin negara imi dan beliau mau mendengarkan suara rakyat, apalagi mendengar tanah adat dikuasai dengan tidak benar, beliau melalui HKTI bertindak," kata Syamsari.

Syamsari juga mengapresiasi Moeldoko yang punya kerinduan agar petani menjadi kaya di rumah sendiri. Pasalnya, dengan luas kebun sawit di Riau, Moeldoko tidak ingin persoalan tanah adat jadi persoalan serta agar semua sengketa bisa dituntaskan.

Program Ketua Dewan Pimpinan Nasional Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (DPN HKTI) Moeldoko yang peduli dengan sengketa tanah ulayat dan adat khusus di Pelalawan sangat diapresiasi masyarakat adat.

Baca juga : Mulai 19 Februari, Musikal Anak Murid Terbaik Tayang Di IndiHome

"Besar harapan saya dan anak kemenakan Batin Sineri dengan dikabulkannya gugatan oleh PTUN Pekanbaru yang dikuatkan oleh putusan banding di PTUN Medan yang juga menguatkan putusan gugatan terdahulu sekiranya menjadi perhatian khusus Bapak Moeldoko," lanjutnya.

Syamsari dan masyarakat adat berharap negara hadir dalam menyelesaikan permasalahan lahan adat yang dikuasai perusahaan.

"Kami berharap lahan adat yang dikuasai itu bisa segera dimanfaatkan secepatnya oleh anak kemenakan Batin Sineri di Desa Palas, Kecamatan, Pangkalan Kuras, kabupaten Pelalawan, Riau," harapnya.

Baca juga : Menag Yaqut: Perteguh Eksistensi Keragaman Indonesia

Diketahui, di Riau perkebunan kelapa sawit tak dipungkiri telah memberikan kontribusi sangat nyata terhadap pembangunan perekonomian nasional.

Selain itu, Syamsari juga berharap agar petani dan masyarakat adat yang ada di Riau dapat ikut serta menunjang ketahanan pangan nasional, seperti mengembangkan tanaman sorgum yang dicanangkan Moeldoko. [FAQ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.