Dark/Light Mode

Pengamat Militer & Intelijen Robi Sugara

Kalau Lemhannas Sukses Dipimpin Sipil, Jokowi Bisa Jajal Di BNPT Dan BNN

Senin, 21 Februari 2022 21:24 WIB
Pengamat Militer & Intel UIN Syarif Hidayatullah Robi Sugara (Foto: Istimewa)
Pengamat Militer & Intel UIN Syarif Hidayatullah Robi Sugara (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pengamat Militer dan Intelijen dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Robi Sugara tidak meragukan kompetensi Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) yang baru saja dilantik, Andi Widjajanto, dalam memetakan isu pertahanan dan keamanan negara.

Robi yakin, Andi jago melakukan mapping terhadap isu tersebut. Namun, Robi melihat, Andi akan dihadapkan pada tugas berat memimpin institusi yang didominasi prajurit militer.

Baca juga : Jokowi Perintahkan Jembatan Sei Alalak Dibuka

"Persoalannya, tidak mudah seorang sipil bisa memimpin di kalangan militer. Butuh power yang kuat," ujarnya.

Jika Andi terbukti berhasil membawa Lemhannas menjadi lembaga yang disegani, Robi menyarankan Jokowi agar kembali menunjuk kalangan sipil memimpin lembaga militer atau semacamnya.

Baca juga : Pengamat Australia : Di Tangan Moeldoko, Suara Partai Demokrat Bisa Terjun Bebas

"Kalau Lemhanas bisa dipimpin oleh sipil, maka saya kira juga bisa ditradisikan di lembaga lain seperti BNPT, BNN atau lembaga lainnya yang didominasi oleh kalangan TNI-Polri," ucap Robi, yang juga Direktur Eksekutif Indonesian Muslim Crisis Center (IMCC). [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.