Dark/Light Mode

Peringati HPSN, Tri Adhianto Ajak Warga Kota Bekasi Aktif Kelola Bank Sampah

Minggu, 27 Februari 2022 21:36 WIB
Plt. Wali Kota Bekasi Tri Adhianto bersama unsur Forkopimda Kota Bekasi turut menghadiri peringatan HPSN tingkat Kota Bekasi, (27/2). (Foto : Istimewa)
Plt. Wali Kota Bekasi Tri Adhianto bersama unsur Forkopimda Kota Bekasi turut menghadiri peringatan HPSN tingkat Kota Bekasi, (27/2). (Foto : Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Pemerintah Kota (Pemkot) Bekasi memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2022 dengan berbagai rangkaian kegiatan lingkungan, puncaknya digelar di Pasar Alam Vida pada Minggu pagi (27/2).

Plt. Wali Kota Bekasi Tri Adhianto bersama unsur Forkopimda Kota Bekasi turut menghadiri peringatan HPSN tingkat Kota Bekasi. 

Pada acara tersebut, Tri Adhianto juga mengunjungi bazar inovasi sampah. Serta, memberikan penghargaan untuk para inovator pengelolaan sampah yang berkontribusi dalam mengatasi persoalan sampah di Kota Bekasi.

Sebelumnya, berbagai rangkaian kegiatan dilakukan oleh Pemkot Bekasi, seperti Lomba Bank Sampah Unit kategori Eksis dan Inovatif, Lomba Video Iklan Layanan Masyarakat, Lomba Kelompok Wanita Tani, Lomba K3 antar Kecamatan & Kelurahan, Webinar Ekspor Maggot, Webinar Tanaman Hortikultura hingga Streaming Edukasi dan Inovasi Sampah tingkat Sekolah Dasar.

Baca juga : KLHK Ajak Kaum Muda Jadi Agen Perubahan Pengelolaan Sampah.

Dalam sambutanya, Tri turut mengapresiasi masyarakat yang mulai peduli pada lingkungan dalam mengatasi persoalan persampahan.

“Terimakasih kami sampaikan untuk seluruh Aparatur dan Masyarakat yang telah peduli dan menjaga lingkungan. Kepedulian terhadap sampah bisa dimulai dari rumah dengan mulai memilah sampah basah atau kering, organik maupun non organik” tutur Tri.

Lebih lanjut, Tri juga mengingatkan masyarakat untuk aktif kembali dengan program Bank Sampah di tiap RW nya, yang pada saat ini ada sekitar 100 bank sampah yang aktif.

“Semoga dengan adanya kegiatan ini menjadi rutinitas setiap harinya tidak hanya pada saat HPSN saja. Kita aktifkan bank sampah yang belum berjalan, yang sudah ada semoga konsisten,” tambahnya.

Baca juga : Emak emak Kabinet Indonesia Maju Bersama Masyarakat Kelola 151 Ton Sampah

Gojek Indonesia yang dihadiri oleh Public Policy and Goverment Relation Gojek Indonesia, Zidny Ilman juga memberikan dukungan penuh atas terselenggaranya kegiatan HPSN di Kota Bekasi.

Menurutnya, Gojek secara konsisten ingin mewujudkan operasional bisnis yang lebih peduli lingkungan, didukung oleh pemanfaatan inovasi teknologi untuk mendorong perubahan perilaku dalam skala besar.

“Dalam Gojek, tentu kami juga mendukung kegiatan inovatif dalam pengelolaan sampah yang menjadi persoalan bersama. Bagaimana setiap masyarakat memiliki tanggung jawab dalam mengelola sampah.” tuturnya.

Gandeng Bank BNI

Baca juga : Sekda Kota Bekasi Diduga Kecipratan Duit Suap Rahmat Effendi

Tak hanya itu, kegiatan Puncak HPSN tingkat Kota Bekasi juga berlangsung dengan penandatangan kerjasama Pemerintah Kota Bekasi dan Bank BNI terkait digitalisasi ekonomi Bank Sampah Unit.

Kegiatan berlangsung meriah secara streaming dengan adanya penampilan fashion show bahan daur ulang serta talkshow AnayNH sebagai content Creator asal Bantargebang.

Dan Saka Waste 4 Change yang berbagi kisah dan pandangannya terhadap pengelolaan sampah yang efektif dan bijak. [FAZ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.