Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Pelonggaran Bertahap

Masyarakat Harus Sadar Prokes, Bukan Sekadar Formalitas

Kamis, 17 Maret 2022 07:40 WIB
Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Foto: Satgas Covid-19)
Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Foto: Satgas Covid-19)

RM.id  Rakyat Merdeka - Protokol kesehatan (prokes) untuk mencegah terjadinya penularan Covid-19 tidak lagi seketat tahun sebelumnya. Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 menilai, masyarakat sudah banyak yang sadar akan pentingnya menjalani prokes.

Pelonggaran tidak serentak dilakukan di seluruh Indonesia. Namun, disesuaikan dengan level dari Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

Baca juga : Gubernur Khofifah: Satpol PP Harus Profesional Dan Berintegritas

Hanya daerah yang cakupan vaksinasi tinggi dan berhasil menurunkan angka kasus Covid-19 yang boleh melakukan pelonggaran.

“Bukan berarti seluruh langkah pengendalian (Pemerintah) tidak diterapkan lagi, namun masyarakat sudah dirasa mampu untuk bertanggung jawab masing-masing,” ujar Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito dalam keterangan pers secara virtual, kemarin.

Baca juga : Produksi Emas Berkualitas Untuk Masyarakat, Dirut Pegadaian Resmikan Workshop Emas Galeri 24

Pelonggaran prokes di wilayah PPKM level 2 sudah banyak ditemui di banyak tempat. Antara lain, perkantoran, sekolah, mall, restoran dan lain sebagainya.

“Jika di masa genting dianggap perlu melakukan pengendalian kasus dengan kebijakan berlapis dari Pemerintah Pusat, di masa depan kini kebijakan tersebut mulai disesuaikan kembali,” tuturnya.

Baca juga : Transjakarta Sehari 3 Kali Kecelakaan, Pengamat: Harus Ada Perombakan Manajemen

Dia mengatakan, dalam sepekan terakhir kasus Covid-19 mengalami penurunan. Dia juga meminta masyarakat bersikap bijak. Menjaga kedisiplinan dalam menjalankan prokes, bukan formalitas taat pada aturan. Tapi bertujuan untuk menjaga keselamatan diri dan juga orang lain.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.