Dark/Light Mode

Pelonggaran Bertahap

Masyarakat Harus Sadar Prokes, Bukan Sekadar Formalitas

Kamis, 17 Maret 2022 07:40 WIB
Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Foto: Satgas Covid-19)
Juru Bicara Pemerintah Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito. (Foto: Satgas Covid-19)

 Sebelumnya 
“Kita telah bersama-sama menjalani kebijakan yang ketat seperti saat perjalanan dalam dan luar negeri. Lalu pengendalian pada fasilitas publik hingga pengendalian pada tingkat kecil melalui PPKM mikro,” beber Guru Besar Universitas Indonesia (UI) ini.

Diingatkannya, keberhasilan penurunan kasus ini tak lepas dari kerja keras semua lapisan. Harapannya tongkat estafet pengendalian kasus ini akan lebih banyak berpindah kepada setiap individu dan kelompok.

Baca juga : Gubernur Khofifah: Satpol PP Harus Profesional Dan Berintegritas

Turunnya kasus, tak berarti virus Covid-19 dari Indonesia. Sehingga prokes tidak bisa ditawar-tawar. Termasuk, penggunaan masker.

“Kita masih memiliki tanggung jawab untuk melindungi diri sendiri dan orang lain, termasuk kelompok rentan. Prokes sudah selayaknya menjadi bagian tak terpisahkan saat akan beraktivitas di masa adaptasi ini,” pesannya.

Baca juga : Produksi Emas Berkualitas Untuk Masyarakat, Dirut Pegadaian Resmikan Workshop Emas Galeri 24

Untuk mempersiapkan masyarakat semakin mandiri, dalam menjalankan prokes Satgas mengarahkan masyarakat menjalankan perilaku aman dan produktif.

Selain prokes, Pemerintah juga menggenjot upaya vaksinasi Covid-19. Sayangnya, laju vaksinasi nasional menurun dan belum menunjukkan kenaikan di bulan Maret ini.

Baca juga : Transjakarta Sehari 3 Kali Kecelakaan, Pengamat: Harus Ada Perombakan Manajemen

“Mohon kepada Pemerintah Daerah untuk kembali meningkatkan cakupan vaksin dosis lengkap dan booster di daerahnya,” imbau Wiku. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.