Dewan Pers

Dark/Light Mode

Kenya Buka Kedubes, Wapres Harapkan Peningkatan Kerja Sama Bilateral

Kamis, 17 Maret 2022 22:59 WIB
Wakil Presiden (Wapres,  Maruf Amin menerima kunjungan kehormatan dari Menteri Luar Negeri Kenya Raychelle Omamo di Kediaman Resmi Wapres, Jl. Diponegoro No. 2, Jakarta, Kamis (17/3/)
Wakil Presiden (Wapres, Maruf Amin menerima kunjungan kehormatan dari Menteri Luar Negeri Kenya Raychelle Omamo di Kediaman Resmi Wapres, Jl. Diponegoro No. 2, Jakarta, Kamis (17/3/)

RM.id  Rakyat Merdeka - Wakil Presiden (Wapres) Maruf Amin menerima kunjungan kehormatan dari Menteri Luar Negeri Kenya, Raychelle Omamo di Kediaman Resmi Wapres, Jakarta, Kamis (17/3). 

Dalam pertemuan yang berlangsung sekitar 45 menit tersebut, Wapres mengapresiasi atas dibukanya kedutaan besar Kenya di Jakarta. Ia berharap adanya Kedutaan Besar ini akan semakin meningkatkan hubungan bilateral kedua negara.

“Pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan selamat atas dibukanya Kedutaan Besar Kenya di Jakarta. Hal ini menunjukkan bahwa persahabatan kita yang sudah lama terjalin baik ini, diharapkan ke depan dapat menjadi lebih baik lagi,” ungkap Wapres.

Berita Terkait : Dubes Australia Penny Williams Jajaki Kerja Sama Banyak Sektor Ke Jawa Tengah

Disamping itu, seiring dengan pembukaan Kedubes Kenya di Indonesia, Wapres berharap kerja sama kedua negara ini dapat terus ditingkatkan, terutama di bidang ekonomi.“Saya melihat bahwa neraca perdagangan Indonesia – Kenya semakin baik, bahkan terakhir sudah mencapai USD 551 juta pada 2021,” ujarnya.

Untuk itu, mantan Ketua MUI meminta ke depan lebih banyak tercipta inisiatif agar kerjasama di bidang lain, seperti kesehatan, pertahanan, dan infrastruktur juga terus meningkat.“Kami bahkan terbuka untuk bisa melakukan upaya-upaya lebih lanjut atau ada inisiatif-inisiatif baru terutama di bidang kesehatan, pertahanan, infrastruktur, dan lain-lain,” tuturnya.

Pada kesempatan itu,  Menteri Omamo juga menyampaikan bahwa Indonesia dan Kenya memiliki hubungan bilateral yang sangat hangat.“Bahkan Indonesia merupakan negara pertama yang membuka perwakilannya di Kenya pada tahun 1982,” ungkapnya.

Berita Terkait : PKS Dan Rekat Indonesia Kerja Sama Ekonomi Kerakyatan

Oleh sebab itu, guna memperkuat hubungan tersebut, Kenya membuka Kedutaan Besarnya di Jakarta.“Kami memandang ini penting karena Indonesia memiliki peran yang sangat strategis dalam hubungan internasional dan politik dunia,” pujinya.

Selain itu, menurut Omamo, Indonesia dipandang memiliki kekuatan ekonomi, kebudayaan, dan memiliki pengaruh besar di kawasan Asia. “Namun yang memang paling penting adalah Indonesia memiliki peran yang sangat penting dalam kerja sama Selatan-Selatan dan Indonesia merupakan salah satu pemimpin di bidang itu,” pungkasnya.

Sebagai informasi, Kenya merupakan negara Afrika ke-13 yang memiliki Kedutaan Besar di Indonesia. Sebelumnya, Kenya memandatkan Kedubesnya di Kuala Lumpur sebagai pengampu hubungan bilateral Indonesia-Kenya.

Berita Terkait : Garuda Kembali Layani Penerbangan Umrah Dari Surabaya

Turut mendampingi Wapres Menteri Luar Negeri, Retno L.P. Marsudi, Duta Besar LBBP RI untuk Kenya Mohamad Hery Saripudin, Kepala Sekretariat Wapres Ahmad Erani Yustika, Staf Khusus Wapres Bidang Reformasi Birokrasi M. Nasir, Staf Khusus Wapres Bidang Komunikasi dan Informasi Masduki Baidlowi, serta Plt. Deputi Bidang Dukungan Kebijakan Pemerintahan dan Wawasan Kebangsaan Lukman Hakim Siregar.(MFA)