Dark/Light Mode

711 Perawat Gugur Lawan Covid-19

Jokowi Sangat Berduka

Jumat, 18 Maret 2022 07:55 WIB
Presiden Jokowi menyampaikan duka cita bagi para perawat yang berpulang ketika menghadapi virus Corona. (Foto: Setkab)
Presiden Jokowi menyampaikan duka cita bagi para perawat yang berpulang ketika menghadapi virus Corona. (Foto: Setkab)

 Sebelumnya 
“Pemerintah memberikan penghormatan dengan memberikan anugerah tanda kehormatan bintang jasa kepada ahli waris,” tutur mantan Wali Kota Solo ini.

Selain itu, Pemerintah tetap berkomitmen memberikan perlindungan bagi perawat saat melaksanakan tugas. Terutama, di daerah terpencil atau kepulauan terluar.

Jokowi berpesan agar perawat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dengan mengedepankan akhlak. Perawat juga diminta kompetitif menguasai teknologi terbaru di bidang kesehatan.

Baca juga : Ongkos Haji Bakal Turun

“Sehingga bisa memberikan pelayanan kesehatan secara profesional, baik di dalam maupun di luar negeri,” pesan Jokowi.

Dia juga berpesan kepada seluruh perawat di Tanah Air agar tetap konsisten menjalani tugas mulia. Serta, terus menjadi pejuang kemanusiaan sesuai harapan seluruh masyarakat Indonesia.

Dalam acara tersebut, Ketua Umum PPNI Harif Fadhillah ikut mendoakan 711 orang perawat telah gugur dalam perang lawan Covid-19 diterima oleh Yang Maha Kuasa.

Baca juga : Dubes RI Sambut Pelonggaran Aturan Covid-19 Di Saudi

“Semoga mereka yang telah mengorbankan dirinya di masa Covid-19 dapat diterima di sisi Allah SWT. Diberi tempat yang terbaik di sisi-Nya dan menjadi inspirasi bagi perawat yang masih hidup untuk menjalankan tugas,” tutur Harif disambut koor “Amin” dari para anggota PPNI.

Dia sepakat dengan Presiden Jokowi bahwa untuk mewujudkan Indonesia yang sehat di tengah pandemi tidak hanya menjadi tanggung jawab Pemerintah. Perawat sebagai nakes, juga mesti berpartisipasi.

“Bangsa yang sehat adalah bangsa yang terpenuhi kesejahteraan fisiknya, psikis, sosial dan ekonomi dalam aspek kesehatan,” tuturnya.

Baca juga : Penderita Long Covid Perlu Jalani Fisioterapi

Harif mengakui, situasi pandemi Covid-19 menyebabkan perubahan dan pergolakan pada berbagai aspek kehidupan. Namun, pandemi bukan penghalang bagi perawat untuk tetap melakukan pengabdian dalam menjalankan tugas dan profesinya. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.