Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Saudi Longgarkan Kebijakan Covid-19

Ongkos Haji Bakal Turun

Kamis, 10 Maret 2022 08:05 WIB
Wakil Menteri Agama (Wamenag) KH Zainut Tauhid Sa’adi. (Foto: Dok. Kemenag)
Wakil Menteri Agama (Wamenag) KH Zainut Tauhid Sa�adi. (Foto: Dok. Kemenag)

RM.id  Rakyat Merdeka - Kementerian Agama (Kemenag) masih menunggu informasi resmi dari Arab Saudi, terkait kepastian penyelenggaraan ibadah haji tahun ini. Pemerintah menerjunkan tim advance, untuk mempersiapkan penyelenggaraan ibadah haji.

Wakil Menteri Agama (Wamenag) KH Zainut Tauhid Sa’adi mengatakan, persiapan tetap dilakukan Kemenag, meski Pemerintah Arab Saudi belum memastikan pemberangkatan haji.

Baca juga : Saudi Longgarkan Prokes, Wamenag Berharap Ada Kepastian Soal Haji

Menurutnya, Saudi pada 6 Februari 2022 memang telah mencabut sejumlah kebijakan pencegahan penyebaran Covid-19. Di antara kebijakan itu adalah menghapus karantina dan keharusan melakukan Swab PCR.

“Saya berharap hal tersebut menjadi isyarat bahwa penyelenggaraan ibadah haji tahun 1443 H/ 2022 M akan dibuka untuk semua negara, termasuk Indonesia,” kata Zainut.

Baca juga : Mommynme Hadir Di Marketplace, Sediakan Perlengkapan Bayi Berkualitas

Kemenag berharap Arab Saudi segera mengundang negara-negara pengirim jamaah haji untuk melakukan proses penandatanganan MoU.

Ia menjelaskan, dalam MoU tersebut biasanya diatur juga tentang kuota haji. Semoga hal itu segera ada kepastian sehingga menteri agama bisa segera ke Arab Saudi untuk melakukan langkah-langkah strategis dalam penyiapan penyelenggaraan ibadah haji.

Baca juga : Catat Rekor Kematian Covid-19 Tertinggi Di Dunia, Hong Kong Jumpalitan

“Kepastian kuota ini akan menjadi bekal bagi Kementerian Agama untuk memfinalisasi persiapan penyelenggaraan ibadah haji, baik layanan di dalam negeri maupun di Arab Saudi,” ujarnya.

Ia menambahkan, saat ini tim advance Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kemenag sudah berada di Arab Saudi untuk melakukan persiapan pelayanan bagi jamaah di sana dalam penyelenggaraan haji tahun ini. Di dalam negeri, persiapan juga terus dilakukan.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.