Dark/Light Mode

Antisipasi Arus Balik Penonton MotoGP Mandalika

BKS Sediakan Tiket Go Show

Senin, 21 Maret 2022 06:20 WIB
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai mengecek Bandara Internasional Lombok, Minggu (20/3). (Foto: Dok. Kemenhub).
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai mengecek Bandara Internasional Lombok, Minggu (20/3). (Foto: Dok. Kemenhub).

 Sebelumnya 
Kemudian, untuk positioning flight disiapkan 11 pesawat untuk bersiaga selama tiga hari pelaksanaan MotoGP. Dengan rincian, Cengkareng-Lombok enam flight, Denpasar-Lombok tiga flight dan Surabaya-Lombok dua flight.

Selain melalui transportasi udara, Kemenhub juga telah menyiapkan sarana transportasi laut, baik melalui kapal penumpang maupun kapal Roll on-Roll off (Ro-ro) menuju ke sejumlah daerah seperti Bali, Surabaya dan sekitarnya.

Penumpang Melonjak

Baca juga : Bamsoet: Alhamdulillah, Walau Hujan Pelaksanaan MotoGP Mandalika Berlangsung Sukses

Bukan hanya Lombok, Kemenhub melihat adanya lonjakan penumpang di semua moda tranportasi pasca-dilonggarkannya syarat perjalanan sejak Maret ini.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, terjadi kenaikan jumlah penumpang antara 8 persen-64 persen. Kenaikan terlihat di moda transportasi penyeberangan, udara, laut dan kereta api.

Data ASDP mengungkapkan, pada periode 8-17 Maret 2022, di empat pelabuhan utama yakni Pelabuhan Merak, Bakauheni, Ketapang, dan Gilimanuk total penumpang pejalan kaki yang menyeberang sebanyak 17.512 orang.

Baca juga : Emil Boyong Legenda Balap Jabar Nonton MotoGP Mandalika

Jumlah tersebut naik 64 persen dibandingkan periode yang sama pada kondisi sebelumnya, yakni 10.662 orang.

Sementara, total kendaraan yang menyeberang sebanyak 193.859 unit kendaraan, atau naik 12 persen dibandingkan periode sebelumnya 172.383 unit.

Untuk perjalanan udara, Angkasa Pura Imencatat dalam periode 8-14 Maret 2022, sebanyak 761.234 penumpang telah dilayani di 15 bandara.

Baca juga : Sandiaga: Usai MotoGP, Wisata Mandalika Kudu Terdongkrak

Jumlah tersebut naik hingga 20 persen jika dibandingkan periode 1-7 Maret (sebelum pelonggaran syarat perjalanan). Di mana hanya ada 631.271 penumpang yang dilayani. [KPJ]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.