Dark/Light Mode

Hasil Rekapitulasi KPU
Pemilu Presiden 2024
Anies & Muhaimin
24,9%
40.971.906 suara
24,9%
40.971.906 suara
Anies & Muhaimin
Prabowo & Gibran
58,6%
96.214.691 suara
58,6%
96.214.691 suara
Prabowo & Gibran
Ganjar & Mahfud
16,5%
27.040.878 suara
16,5%
27.040.878 suara
Ganjar & Mahfud
Sumber: KPU

Sandiaga: Usai MotoGP, Wisata Mandalika Kudu Terdongkrak

Minggu, 20 Maret 2022 19:02 WIB
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno. (Foto: Istimewa)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno. (Foto: Istimewa)

RM.id  Rakyat Merdeka - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahudin Uno menilai perhelatan MotoGP Mandalika 2022 mampu mendorong sektor pariwisata dan ekonomi kreatif. Usai berakhirnya MotoGP, antusias wisatawan untuk mengunjungi Mandalika jangan ikutan selesai.

"MotoGP Mandalika 2022 harus memberikan dampak yang signifikan terhadap pertumbuhan ekonomi, khususnya bagi para pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal,” ujar Sandiaga dalam keterangannya saat di Mandalika, Minggu (20/3).

Euforia wisatawan yang mengunjungi Mandalika ini harus dirawat untuk jadi momentum kepulihan ekonomi Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Indonesia. Sebab itu, dia berharap kehadiran dan dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Badan Parekraf) ini dapat menggerakkan dan memberdayakan UMKM.

"Kita terus rawat momentum ini untuk dari kepulihan ekonomi kita," kata Sandiaga Uno.

Baca juga : Juara Di MotoGP Mandalika, Oliveira Sebut Pegawai Hotel Dan Dedikasikan Trofi Buat Anaknya

Menurutnya, Kemenparekraf/Baparekraf sebelumnya juga telah menjalankan berbagai program dalam memberdayakan UMKM lokal, dengan memberikan pelatihan dan peningkatan kompetensi. Sehingga dapat memperkuat daya tarik bagi wisatawan.

"Kita harus dapat menghadirkan produk-produk berkualitas yang tentunya bisa menjadi momentum kebangkitan ekonomi kita," kata Sandiaga.

Pertamina Grand Prix of Indonesia (MotoGP 2022) di Sirkuit Internasional Jalan Raya Pertamina Mandalika, Lombok Tengah, NTB, sejak Jumat (18/3) hingga Minggu (20/3). Selama tiga hari, masyarakat disuguhi event sport tourism kelas dunia yang menjadi daya tarik kuat bagi para penggemar MotoGP maupun wisatawan. Serta panggung hiburan lain.

Wisatawan pun telah banyak berdatangan melalui berbagai pintu masuk. Salah satunya Bandar Udara Internasional Lombok Zainuddin Abdul Madjid (BIZAM). Ada yang menarik saat wisatawan menginjakkan kaki di Bandara Lombok.

Baca juga : Jokowi Bakal Serahkan Piala Ke Juara MotoGP Mandalika

Wisatawan mendapatkan pengalaman berbeda. Selain ornamen dan hiasan khas MotoGP, wisatawan juga disuguhi deretan produk ekonomi kreatif UMKM serta berbagai karya seni dari desa wisata yang ada di Lombok.

Kemenparekraf/Baparekraf dalam penyelenggaraan side event untuk promosi dan mengamplifikasi penyelenggaraan MotoGP Mandalika dengan menghadirkan showcasing produk ekonomi kreatif yang berlokasi di area selasar terminal kedatangan BIZAM.

Berbagai produk ekonomi kreatif UMKM yang ditampilkan tersebut adalah khas dari desa wisata di Pulau Lombok. Seperti produk UMKM dari Desa Wisata Dusun Sade berupa kain tenun, kerajinan, serta tarian.

Adapun kain tenun yang ditampilkan seperti Kedogan, Tapu Kemalu, Selulut, Subhanale, serta Keker. Sementara untuk kerajinan, dalam showcasing ini ditampilkan kerajinan ketak, kerajinan gelang, kerajinan kayu, serta pernak-pernik khas Dusun Sade.

Baca juga : Nikmatnya Nonton MotoGP Dari Bukit 360 Sirkuit Mandalika

Dalam mempromosikan produk ekonomi kreatif, Kemenparekraf/Baparekraf melalui Deputi Bidang Pemasaran juga mengadakan showcasing produk ekraf melalui Planogram Goes to Mandalika di tempat yang sama.

Melalui planogram ini wisatawan dapat membeli produk-produk ekonomi kreatif dengan melakukan pindai pada barcode yang tersedia di tiap produk. Terdapat 300 produk yang terdiri dari subsektor fesyen, kriya, dan kuliner dalam Planogram Goes to Mandalika.

MotoGP Indonesia merupakan seri kedua dari Kejuaraan Dunia 2022. Sebelumnya seri pertama berlangsung di Qatar pada awal Maret 2022. Di seri pertama, pembalap asal Italia dari tim Gresini Racing, Enea Bastianini berhasil meraih tempat pertama.

Gresini Racing merupakan tim balap yang berkolaborasi dengan Kemenparekraf/Baparekraf dalam upaya mempromosikan pariwisata dan ekonomi kreatif Indonesia. Logo ikonis Wonderful Indonesia terpasang pada bagian sayap depan dari motor milik Enea Bastianini dan Fabio Di Giannantonio. Logo Wonderful Indonesia terpasang pada winglet motor balap Ducati Gresini Racing. [JAR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.