Dark/Light Mode

Syarat-syaratnya Sudah Ditetapkan

Menkes Pede Endemi Terwujud September

Kamis, 24 Maret 2022 07:55 WIB
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menghadiri rapat kerja Komisi IX DPR di Gedung Parleman, Jakarta, Rabu (23/3/2022). (Foto: Dwi Pambudo/RM.id)
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menghadiri rapat kerja Komisi IX DPR di Gedung Parleman, Jakarta, Rabu (23/3/2022). (Foto: Dwi Pambudo/RM.id)

 Sebelumnya 
Menurutnya, saat ini Pemerintah tidak buru-buru mengejar status endemi. Mereka lebih memilih fokus mengendalikan pandemi melalui berbagai upaya. Seperti, surveilans, pembatasan kegiatan masyarakat, dan program vaksinasi Covid-19.

Dia juga menjelaskan, salah satu syarat penting pandemi ke endemi, yaitu kesadaran dan kesiapan masyarakat menghadapi pandemi.

Baca juga : Hunian Dari PDGI Rampung, Siap Diserahkan Ke Pengungsi Semeru

Kalau kesadaran dan kesiapan masyarakat sudah tinggi, mereka bisa bertanggung jawab atas kesehatan mereka sendiri. Nah, itu ciri-ciri perubahan transisi dari pandemi menjadi endemi.

Budi menyebutkan, kriteria penting perubahan pandemi dan endemi dapat dilihat dari adaptasi masyarakat. Budi memberi contoh, kebiasaan mencuci tangan.

Baca juga : Lestari Ingatkan Pentingnya Siapkan Tenaga Pendidikan Berkualitas

“Jadi, kira-kira perubahan pandemi ke endemi salah satu kriteria pentingnya adalah adaptasi masyarakat atau manusianya,” ingatnya.

Mantan Direktur Utama Bank Mandiri ini mengungkapkan, wabah blackdeath, yang menyebabkan banyak kematian pada abad 18, disebabkan bakteri yang dibawa tikus.

Baca juga : Jumlah Yang Divaksinasi Kudu Tinggi Dulu

“Bakterinya loncat dari tikus. Kenapa itu terjadi? Karena hygiene manusia itu jelek. Saat blackdeath itulah keluar kebiasaan cuci tangan, keluar produk yang namanya sabun cuci tangan, keluar produk yang namanya sikat gigi pertama kali,” beber Budi. [DIR]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.