Dark/Light Mode

Datang Ke DPR

Lebih Suka Nenteng HT, Andika Tak Nenteng Tongkat Panglima

Jumat, 25 Maret 2022 06:55 WIB
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memberikan salam hormat saat tiba di Gedung DPR, Jakarta, kemarin. (Foto: DWI PAMBUDO/RM).
Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa memberikan salam hormat saat tiba di Gedung DPR, Jakarta, kemarin. (Foto: DWI PAMBUDO/RM).

 Sebelumnya 
Dalam sejumlah pertemuan resmi, HT selalu melekat di tangan Andika. Mulai dari kunjungan ke Mabes TNI AD dan Mabes Polri, sampai bertemu dengan Ketua MPR Bambang Soesatyo dan Menko Polhukam Mahfud MD, Andika lebih percaya diri menenteng HT.

Sama juga ketika dia melakukan kunjungan pertama ke Papua. Lagi-lagi yang digenggam Andika adalah HT, bukan tongkat komando. Saat disinggung kebiasaannya itu, Andika menjawab bahwa HT merupakan alat komunikasi esensial, yang kerap dia gunakan untuk mengetahui keadaan anak buahnya. Dia menganggap, HT adalah benda penting bagi tentara yang wajib dibawa, terlebih di medan perang.

“Organisasi TNI adalah organisasi perang. Jadi harus ada alat komunikasi alternatif dan mudah untuk digunakan,” jawab Andika, beberapa waktu lalu.

Baca juga : Ketua DPRD DKI Akui Ikut Andil Sahkan Anggaran Formula E

Anggota Komisi I DPR Dave Laksono tidak kaget dengan gaya Andika itu. Kata dia, Andika memang orangnya tidak neko-neko. Santai dan selalu ramah. “Beliau itu memang begitu, very humble person (sosok yang sangat rendah hati),” beber Dave, saat dihubungi, kemarin.

Soal HT, Dave menduga, kebiasaan itu dilakukan Andika untuk menopang pekerjaan, supaya mudah berkomunikasi dengan anak buahnya. “Ini menunjukkan sifat dan bukti tanggung jawab yang besar akan tugas yang diamanahkan ke beliau,” tegas politisi Golkar itu.

Pengamat Militer dan Pertahanan dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Robi Sugara mensinyalir ada dua kemungkinan Andika jarang menggunakan tongkat panglima. Pertama, tongkat cuma simbol. Menurutnya, Andika ingin menonjolkan dirinya itu pekerja keras, bukan sekedar simbol.

Baca juga : Resmikan Ruang Fitnes Makodam Papua Barat, Andika Ajak Anggotanya Rajin Olahraga

Kedua, bisa jadi dia lebih rasional lantaran pengaruh pendidikannya di Barat. “Jadi, nuansa lokal yang masih mempercayai ada kekuatan ghaib tidak terlalu kental,” jelas Robi.

Robi menuturkan, tongkat bagi Panglima TNI merupakan simbolis dalam proses pergantian kepemimpinan. Meskipun hanya simbolis, Robi mengungkapkan, kalau tongkat untuk Panglima TNI itu, tidak sembarangan. Dibuat dari kayu jati khusus. Konon, sebut dia, tongkat komando yang sering dipegang Proklamator RI Soekarno keramat dan sakti.

“Tongkat komando dalam sejarah kemiliteran sangat sakral. Ada juga dalam bentuk pedang, pistol, dan yang lainnya. Dulu yang cukup terlihat berwibawa dalam menggunakan tongkat komando oleh tentara Nazi Jerman,” tuturnya. [UMM]

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.