Dewan Pers

Dark/Light Mode

Jelang Ramadan, Vaksinasi Yang Digelar Binda Kepri Diserbu Ribuan Masyarakat

Sabtu, 26 Maret 2022 18:28 WIB
Warga mengikuti vaksinasi massal yang diselenggarakan Binda Kepri, di Komplek Maha Vihara Duta Maitreya Batam, Sabtu (26/3).
Warga mengikuti vaksinasi massal yang diselenggarakan Binda Kepri, di Komplek Maha Vihara Duta Maitreya Batam, Sabtu (26/3).

RM.id  Rakyat Merdeka - Masyarakat Kepulauan Riau (Kepri) hari ini berbondong-bondong datang ke Komplek Maha Vihara Duta Maitreya Batam untuk melaksanakan vaksinasi Covid-19. Baik dosis pertama, kedua, maupun ketiga alias booster.

Berdasarkan hasil pendataan, ada sekitar 8.000 orang yang mendaftar untuk mengikuti vaksinasi yang diselenggarakan Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Kepri bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, PSMTI dan Yayasan Pancaran Maitri itu.

Kabinda Kepri Brigjen RC Gumay mengatakan, mayoritas masyarakat mengantre untuk mendapat vaksin booster lantaran hal itu sudah menjadi persyaratan wajib bagi masyarakat jika nanti ingin mudik Lebaran.

Berita Terkait : Jelang Ramadan, Kapolri Instruksikan Kapolda Cek Ketersediaan Migor Di Pasar Tiap Hari

"Jelang Ramadan tahun ini, peserta vaksinasi didominasi oleh masyarakat yang belum mendapat booster. Ini menjadi sinyal baik karena seiring dengan meningkatnya jumlah penerima vaksin booster, kekebalan masyarakat terhadap penyebaran Covid-19 juga meningkat," ujarnya, Sabtu (26/3). 

Ia melanjutkan, sesuai dengan arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi), BIN juga dilibatkan dalam menyukseskan program vaksinasi Covid-19.

"Pelaksanaan vaksinasi ini merupakan upaya yang harus ditempuh sebagai langkah antisipasi terhadap potensi penyebaran Covid-19 dan proteksi terhadap kesehatan masyarakat jelang Ramadhan dan mudik Lebaran 2022," ungkap RC Gumay.

Berita Terkait : Tentukan Awal Ramadan, Kemenag Gelar Rukyatul Hilal Di 101 Titik

Berdasarkan data Dinas Kesehatan Kepri, hingga 25 Maret 2022, capaian vaksinasi booster bagi masyarakat berusia di atas 18 tahun baru mencapai 23,10 persen atau 317.215 orang dari total sasaran 1.373.372 orang masyarakat Kepri.

Sementara khusus wilayah Batam, capaian vaksinasi booster baru mencapai 27,57 persen atau 217.618 orang dari total sasaran 789.451 orang.

Sebelumnya, Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto mengatakan, pemerintah telah menargetkan vaksinasi booster bisa mencapai 30 persen pada akhir Mei 2022.
 Selanjutnya