Dark/Light Mode

Restrukturisasi Diyakini Tak Ganggu Pelayanan

Garuda Siap Melayani Para Pemudik Lebaran

Kamis, 31 Maret 2022 07:30 WIB
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (Foto: dok. Garuda Indonesia).
PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk. (Foto: dok. Garuda Indonesia).

RM.id  Rakyat Merdeka - PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk memastikan restrukturisasi tidak mengganggu layanan mudik Lebaran. Perusahaan pelat merah itu menganggap momen tersebut penting untuk meningkatkan pendapatan sehingga akan memberikan layanan optimal.

Garuda Indonesia saat ini tengah menjalankan proses Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU).

Dan sebagai bagian dari proses restrukturisasi, perseroan secara bertahap melakukan pengembalian pesawat kepada lessor. Hal ini menimbulkan kekhawatiran terhadap kemampuan Garuda dalam mengakomodasi kebutuhan mudik Lebaran.

Baca juga : Tanggapi Pernyataan Mega Soal Migor, Qodari: Cara Cerdas Lawan Mafia

Direktur Utama Garuda Indonesia Irfan Setiaputra memastikan akan menyiapkan armada sebaik-baiknya untuk melayani masa angkutan mudik Lebaran, kendati proses PKPU masih berlangsung.

“Kami secara berkala melakukan pengecekan guna memastikan armada yang dioperasikan dalam kondisi prima,” katanya.

Ia optimistis kebijakan relaksasi perjalanan mobilitas bakal berimbas pada peningkatan lalu lintas penumpang Garuda.

Baca juga : Ketua Infokom MUI: Anak Jalanan Perlu Sentuhan & Pembinaan

Melalui program Squawk Box, CNBC Indonesia, pada Selasa (29/3), Irfan menjelaskan, mudik Lebaran merupakan salah satu tradisi bangsa. Sekaligus merupakan prime time bagi maskapai karena kerap terjadi peningkatan jumlah penumpang signifikan.

“Masa mudik kan masuk peak season. Diproyeksi penumpang akan meningkat 30 sampai 35 persen. Angka yang wajar dan normal, itu sering terjadi selama masa Lebaran,” katanya.

Terlebih, sudah dua tahun terakhir masyarakat dilarang mudik sebagai langkah untuk menekan penyebaran Covid-19.

Baca juga : Produksi Melimpah, Bawang Merah Bima Siap Pasok Kebutuhan Puasa & Lebaran

Ia memprediksi, peningkatan jumlah penumpang juga terjadi pada moda transportasi darat dan laut. Ia mengimbau masyarakat melakukan pemesanan tiket jauh-jauh hari. Hal ini bertujuan agar pihaknya bisa memastikan ketersediaan tempat duduk. Karena, sejak pandemi, perseroan melakukan grounded, maintenance hingga pengembalian sejumlah armada kepada para lessor di luar negeri.
 Selanjutnya 

Update berita dan artikel RM.ID menarik lainnya di Google News

Dapatkan juga update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari RM.id. Mari bergabung di Grup Telegram "Rakyat Merdeka News Update", caranya klik link https://t.me/officialrakyatmerdeka kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.